4 Unit Kerja Kemlu Raih Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi

Jakarta |
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memperoleh Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) untuk 4 unit kerja/Perwakilan Republik Indonesia.

Penghargaan WBK diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kepada Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) AM Fachir, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (10/12).

Dilansir laman kemlu.go.id, Selasa (11/12), pada kesempatan itu, Wapres JK menekankan arti penting wilayah birokrasi yang bersih dan cepat dalam melayani.

ā€œKeterlambatan dan lamanya waktu dalam pengurusan pelayanan publik ini akan membuka peluang bagi maraknya berbagai kasus suap dan korupsi,” kata JK dalam sambutannya.

Sementara itu, dikutip dari Menteri PAN-RB, statistik kenaikan pengusulan WBK dari 483 Unit Kerja di tahun 2017 lalu menjadi sebanyak 910 Unit Kerja pada tahun 2019, yang berarti mengalami peningkatan sebanyak 88,4 persen.

Para penerima penghargaan untuk tahun 2018 ini berjumlah 200 Unit Kerja WBK dan 5 Unit Kerja WBBM.

Kegiatan tahunan ini menjadi barometer capaian reformasi birokrasi yang konkret, sistematis, berkelanjutan, dan terukur dalam menyongsong visi Indonesia 2045 dan era revolusi industri 4.0.

Tujuannya membangun pemerintahan yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif, efisien serta mampu menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas.

Raihan 4 predikat WBK untuk tahun 2018 tersebut diharapkan akan semakin mendorong realisasi perluasan Zona Integritas di lingkungan Kemlu dan Perwakilan RI.

Hal ini akan meningkatkan nilai penyelenggaraan reformasi birokrasi di Kemlu serta peningkatan prosentase tunjangan kinerja di tahun-tahun mendatang.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: