15 Kementerian, Lembaga dan Pemda Terima Penghargaan Zona Integritas WBK WBBM

Jakarta |
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menggelar acara acara Apresiasi Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Hotel Bidakara, Menteng, Jakarta, Selasa (10/12).  

Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya kepada para peraih penghargaan atas keberhasilan dalam membangun zona integritas pada tingkat kementerian, lembaga dan pemerintah daerah (pemda).

Dirinya juga berpesan kepada para penerima penghargaan agar selalu mengadakan perbaikan birokrasi dan mencegah praktek korupsi, sehingga dapat mewujudkan pelayanan publik yang maksimal.

“Semua instansi agar mengintrospeksi diri dalam meningkatkan kualitas organisasi sehingga mampu berkontribusi dalam pemerintahan,” katanya.

Sementara itu MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di kesempatan yang sama mengatakan bahwa berbagai keluhan dan pengaduan masyarakat agar cepat ditanggapi, cepat direspons, cepat ditindaklanjuti, serta diiringi berbagai perbaikan.

“Instansi pemerintah harus mengambil langkah-langkah untuk memuaskan masyarakat,” Ujar Tjahjo, seraya berpesan agar kementerian dan lembaga lainnya terus berinovasi dan jangan malu untuk meniru instansi yang sudah baik karena ini bagian dari upaya dalam melayani masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menerima 43 penghargaan apresiasi kepada pemimpin perubahan, yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto.

Selain Kemenkumham, beberapa kementerian yang menerima penghargaan Zona Integritas diantaranya adalah Ketua Mahkamah Agung menerima 62 unit penghargaan, Kejaksaan Agung menerima 55 Unit Penghargaan, dan Kepolisian RI 41 menerima unit penghargaan.

Selain itu, Kementerian Keuangan juga mendapat 149 unit penghargaan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerima 12 unit penghargaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerima 10 Unit penghargaan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menerima 8 Unit penghargaan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR-BPN) menerima 7 unit penghargaan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) 7 Unit penghargaan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan 6 Unit penghargaan, dan Kementerian Agama (Kemenag) dengan 5 unit penghargaan.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: