Wujudkan Good Governance, Kanwil Kemenkumham Kaltim Gelar Apel Komitmen Deklarasi Janji Kinerja 2019

Jakarta |
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Apel Deklarasi dan Janji Kinerja Tahun 2019, Senin (21/1).

Apel yang melibatkan seluruh pegawai di lingkungan kanwil, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samarinda serta CPNS hasil rekrutmen Tahun 2017, dilaksanakan pukul 8.00 WITA di halaman parkir kantor Kanwil Kemenkumham Kaltim, dan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Yudi Kuniadi.

Saat acara berlangsung, dilakukan pembacaan Pakta Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), serta Naskah Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2019 diikuti oleh seluruh peserta apel.

Kemudian juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas oleh para Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kaltim, yang disaksikan langsung oleh Kakanwil Yudi Kuniadi.

Usai penandatanganan Pakta Integritas, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas yang dilakukan oleh Kakanwil Yudi Kuniadi bersama Kepala Divisi Administrasi (Kadiv Min) Kepala Divisi Keimigrasian (Kadiv Im), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas), serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadiv Yankum).

Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas tersebut disaksikan langsung oleh perwakilan dari Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim, dan Perwakilan Ombudsman Kaltim, yang turut serta membubuhkan tanda tangan pada lembar komitmen.

Dalam sambutannya Kakanwil Yudi Kuniadi berharap agenda yang dilaksanakan pada hari ini, bukan hanya rutinitas seremonial belaka. “Namun harus benar-benar dimaknai sebagai persiapan kita bekerja dalam menghadapi Tahun 2019,” tegasnya.

Momentum ini, sambung Yudi, merupakan pondasi dasar keberhasilan di Tahun 2019. Dirinya juga berharap seluruh jajaran dapat melaksanakan target kinerja yang telah disusun dan sepakati bersama dengan sebaik-baiknya.

Disebutkan oleh Yudi, deklarasi dan Janji yang telah diucapkan merupakan bentuk usaha bersama dalam mewujudkan Kemenkumham yang bersih dan berkomitmen dalam pelaksanaan target kinerja yang telah disepakati.

Acara ini adalah bagian dari upaya memperkokoh komitmen Kemenkumham dalam mewujudkan Good Governance di seluruh kanwil dalam berkontribusi positif untuk pembangunan bangsa Indonesia.

Pada kesempatan ini pula Kakanwil secara simbolis menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan Pakaian Dinas Harian (PDH) kepada perwakilan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang direkrut pada Tahun 2017.

Perwakilan CPNS penerima SK dari kakanwil, terdiri dari 3 orang pegawai dari jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Imigrasi, dan Balai
Pemasyarakatan (Bapas) yang berada di Samarinda, Kalimantan Timur.

Kepada seluruh CPNS yang hadir dalam Apel Deklarasi, Kakanwil Yudi Kuniadi berpesan untuk menjaga integritas dalam pelaksanaan tugas.

Ditegaskan oleh Yudi, dirinya ingin seluruh CPNS yang akan diangkat menjadi PNS menggunakan kecerdasannya secara benar, juga membawa energi positif bagi organisasi.

“Dan yang terpenting adalah memiliki integritas yang baik terhadap pelaksanaan tugas, karena tanpa memiliki intergritas yang baik, akan dapat menghasilkan daya rusak yang besar terhadap organisasi,” tukasnya.

Diakhir sambutannya, Kakanwil juga mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah meluangkan waktunya untuk hadir pada acara tersebut.

Yudi berharap dengan disaksikannya Apel Deklarasi hari itu oleh mitra kerja jajaran penegak hukum di Kaltim, dapat mempererat silaturahmi dan memperkokoh komitmen dalam berkolaborasi eksternal untuk mencapai kinerja pelayanan dan pengawasan yang baik.

Disamping disaksikan oleh tamu undangan dari Polda Kaltim, Kejati Kaltim, dan Perwakilan Ombudsman Kaltim, acara juga dihadiri oleh pejabat tinggi pratama, pejabat administrator dan pengawas, serta para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi seluruh Kaltim dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: