Webinar ASPRINDO-BEI, Jose Rizal: Pengusaha UMKM Harus Berani Punya Cita-Cita Tinggi dan Itu Realistis

Jakarta |
Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (ASPRINDO) bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadwalkan menggelar acara Web Seminar (webinar) pada 9 September 2020 mendatang.

Selain diprioritaskan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) anggota ASPRINDO, kegiatan webinar ini juga terbuka bagi pelaku UMKM yang belum terdaftar sebagai anggota.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Umum ASPRINDO Jose Rizal, kepada awak media, Rabu (22/7). Menurutnya webinar ini memiliki nilai strategis untuk pengembangan UMKM.

“Pertama, selama ini bursa efek identik dengan perusahaan menengah ke atas. Perusahaan-perusahaan yang listing di bursa, dipersepsi sebagai perusahaan besar. Padahal faktanya tidak begitu, banyak perusahaan kecil yang ikut melantai di bursa,” katanya.

Kedua, sambung Jose, webinar ini dimaksudkan untuk memberi insight ke pengusaha UMKM, bahwa mereka punya kesempatan untuk mendapatkan akses permodalan dari masyarakat melalui bursa efek.

“Banyak UMKM yang prospektif, tapi mereka tidak berani bermimpi lebih jauh untuk melakukan ekspansi, karena merasa tidak punya cukup modal. Nah, mengapa mereka tidak memikirkan alternatif permodalan melalui bursa,” ungkapnya.

Hal lainnya, Jose Rizal menambahkan, dengan pemahaman yang baik mengenai seluk beluk perusahaan terbuka, UMKM yang memang memiliki cita-cita menjadi besar akan memiliki orientasi ke mana usahanya akan dibawa.

Menurutnya pengusaha UMKM akan punya semacam manual operasional, sehingga segala langkah operasional yang diambil, baik yang bersifat administratif maupun teknis, sudah mengarah kepada pemenuhan kepatuhan (compliance) perusahaan terbuka.

“Jadi UMKM bisa menjadikan ini semacam cita-cita. Ya, meski tidak harus terwujud dalam waktu dekat, tapi minimal mereka sudah punya orientasi ke sana,” jelasnya.  

Oleh karena itu, Jose menghimbau agar pengusaha UMKM tidak perlu ragu untuk mengikuti webinar ini. “Ini pengetahuan praktis yang berharga. Dan pasti akan sangat bermanfaat bagi UMKM,” tukasnya.

Ditegaskan oleh Ketua Umum ASPRINDO itu, bahwa pengusaha UMKM harus berani punya cita-cita tinggi, dan itu realistis. “Apalagi pembicaranya akan berbagi pengalaman bagaimana awal merintis usaha hingga berhasil menjadi perusahaan terbuka yang listing di bursa,” tuturnya.

Terkait pelaksanaan webinar, Jose Rizal menjelaskan karena keterbatasan tempat maka pendaftaran bagi peserta dibuka sejak jauh hari.

“Silakan mendaftar ke ASPRINDO melalui WA ke nomor 0818-838-227, dengan mencantumkan nama lengkap, nama perusahaan, bidang usaha dan alamat. Pendaftaran ditutup jika jumlah peserta sudah memenuhi quota,” pungkasnya.

Berita: Mh | Foto: Ilustrasi/Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: