Wali Kota Berlin Ingatkan Trump Agar Jangan Bangun Tembok Perbatasan

Berlin |
Wali Kota Berlin Michael Mueller mengingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump agara jangan membangun tembok pemisah di sepanjang perbatasan AS dan Meksiko.

“Kami warga Berlin sangat memahami betapa besar penderitaan yang disebabkan oleh pembagian seluruh benua dengan kawat berduri dan beton,” kata Mueller, Jumat (27/1).

Mueller juga mengingatkan, dulu mantan presiden AS Ronald Reagan pada 1987 pernah menantang pemimpin Soviet saat itu Mikhail Gorbachev untuk meruntuhkan tembok Berlin.

“Kami tidak bisa menerima begitu saja jika pengalaman sejarah kami diabaikan oleh mereka yang berjasa atas kebebasan kami, orang Amerika” ujar Michael Mueller seperti dilansir Antara.

Ia mencontohkan, pemisahan yang sedang terjadi di Semenanjung Korea dan Pulau Siprus. Maka Mueller mendesak Trump supaya tidak melakukan kesalahan dengan melakukan isolasi dan pengucilan.

Sebelumnya dikabarkan, Presiden Trump segera membuktikan janji kampanyenya dengan memerintahkan pejabat AS untuk mulai merancang dan membangun tembok di sepanjang perbatasan AS dan Meksiko.

Disaat yang sama, Gedung Putih juga mengancam akan mengenakan pajak terhadap impor Meksiko untuk menutupi biaya pembangunan.

Realisasi pembangunan tembok pemisah ala Trump membuat Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto melakukan protes, dengan membatalkan rencana kunjungan ke Washington.

Berita: Sig/Ant | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: