July 15, 2024

Universitas Udayana Anugerahi Kapolda Bali Gelar Doktor Kehormatan

Denpasar |
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menerima kunjungan Civitas Akademika Universitas Udayana (Unud) yang diwakili oleh Dekan Hukum Unud Putu Gede Arya Sumertha Yasa, di Ruang Tamu Kapolda Bali, di Denpasar, Bali, Selasa (31/5).

Pada kesempatan itu, Putu Gede menjelaskan maksud audiensi hari itu adalah untuk menyampaikan rencana pemberian penghargaan kepada Kapolda Bali.

”Penghargaan ini diberikan untuk Bapak Kapolda Bali yang dinilai memiliki peran yang sangat strategis dalam menjaga keamanan di Provinsi Bali, khususnya pada saat Bali mengalami keterpurukan secara ekonomi dan sosial pasca Pandemi Covid-19 yang mendunia,” ujarnya.

Pria asal Denpasar tersebut menambahkan, bahwa dari hasil kajian yang dilaksanakan Universitas Udayana, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dinilai tepat disematkan penghargaan gelar kehormatan.

”Bapak Kapolda Bali sebagai figur yang tepat untuk dianugerahi penghargaan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa),” tuturnya.

Dekan Fakultas Hukum Unud yang telah menjabat sejak 9 Juni 2021 itu menyampaikan bahwa pemberian penghargaan doktor kehormatan dimaksud telah melalui rangkaian proses yang sangat intensif dan tentunya juga diimbangi dengan persepsi masyarakat yang positif serta beberapa ketentuan yang telah dipenuhi oleh Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

”Kemudian untuk waktu penganugerahan akan dibicarakan lebih lanjut berikut dengan penyiapan orasi ilmiah Bapak Kapolda Bali yang akan disampaikan pada saat acara seremonial nantinya,” imbuhnya.

Foto: Istimewa

Sementara itu, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menyampaikan apresiasinya kepada Civitas Akademika Unud atas penilaian dan rencana penghargaan yang akan diberikan.

Namun disatu sisi, Putu Jayan dengan rasa rendah hati sempat menanyakan akan rencana tersebut. ”Saya sudah pantas dan layak untuk mendapat penghargaan tersebut?” ujar lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) tahun 1989 dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tahun 1996 itu.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Civitas Akademika Unud atas niat baik mereka. ”Terima kasih sekaligus rasa bangga, dan hormat setinggi-tingginya kepada Universitas Udayana,” pungkas Kapolda Bali.

Audiensi yang dimulai sejak pukul 09.30 WITA itu berlangsung hangat dan penuh dengan warna kebersamaan antara Universitas Udayana dan Polda Bali yang selama ini sudah terjalin sangat baik, khususnya dalam memberi kontribusi terhadap masyarakat Bali sesuai dengan peran masing-masing.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.