July 17, 2024

Terbitkan Perpol Nomor 10 Tahun 2022, Polri Dukung Pengamanan Liga 1 Sepak Bola Nasional

Jakarta |
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menegaskan dukungan Polri terhadap dunia olahraga khususnya sepak bola, sehingga pihaknya bersepakat dengan pemerintah untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 yang sempat tertunda akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

“Polri dari awal sangat mendukung kompetisi, iklim kompetisi, dan kegiatan olahraga khususnya sepakbola di Indonesia,” kata Kapolri dalam jumpa pers terkait Liga 1 di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

Terkait dengan pengamanan, Listyo Sigit menyatakan telah mengeluarkan Peraturan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Olahraga agar pengamanan pertandingan olahraga maksimal, termasuk pertandingan sepakbola.

Dikatakan Kapolri, bahwa Perpol itu lahir atas hasil evaluasi dari sisi penyelenggaraan, kesiapan stadion, hingga sistem pengamanan usai tragadi Kanjuruhan. Evaluasi itu sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dirinya juga menjelaskan bahwa Perpol Nomor 10 Tahun 2022 mengatur soal pengamanan pertandingan sepakbola. Dalam perpol tersebut, dijabarkan hasil evaluasi pengamanan pertandingan bola dari kegiatan sebelum, saat pelaksanaan, dan pasca-pengamanan pertandingan sepakbola.

“Dan khusus di dalamnya, mengatur juga terkait dengan pengamanan penyelenggaraan sepakbola. Tentunya di dalamnya ada beberapa perbaikan, baik terhadap sistem evaluasi, sistem perizinannya, kemudian metode dan kesiapan dari rangkaian pengamanan mulai dari sebelum, pada saat pelaksanaan kegiatan dan pascakegiatan,” pungkas Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Pemerintah dan Polri telah mengizinkan untuk dilanjutkannya Liga 1 2022/2023. Liga 1 akan dilakukan secara bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dengan tanpa penonton.

Polri mendukung perkembangan sepak bola di Indonesia, termasuk berkembang dan majunya para pemain sepak bola di Tanah Air. Terlebih, kedepan bakal ada Piala Dunia U-23.

Berita: Red/Mh | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.