Raja Ampat, Surga Terakhir di Bumi Nusantara

Oleh: Bagus Ariwangsa

Pesona Raja Ampat sebagai The Last Paradise memang sudah tidak dapat dipungkiri kembali. Keberadaan Raja Ampat sebagai salah satu destinasi pariwisata dunia menawarakan berbagai spot  menarik untuk dikunjungi, mulai dari gugusan pulau indah yang membentang hingga kehidupan bawah laut yang memukau.

Pulau Misool, Pulau Weigeo, Pulau Salawati dan Pulau Batanta adalah beberapa pulau terbesar di wilayah Raja Ampat, namun dari semua gugusan pulau tersebut Pulau Misool menjadi salah satu wilayah yang paling menarik.

Pulau Misool memiliki keunikan tersendiri. Di pulau ini wisatawan dapat menikmati pesona danau Ubur-Ubur Lenmakana. Danau Lenmakana adalah salah satu danau air asin yang berada di Indonesia, keunikan Danau Lenmakana adalah keberadaan hewan laut ubur-ubur tanpa sengat yakni Mastigias Papua. Wisatawan yang biasanya berkunjung ke danau ini seringkali mencoba snorkeling bersama ubur-ubur tersebut.

Kehidupan bawah laut Raja Ampat juga tidak kalah mempesona. Hamparan karang yang memukau dan macam membuat setiap orang yang berkunjung ke Raja Ampat terpukau. 

Hal ini tidaklah mengherankan mengingat Raja Ampat adalah rumah bagi 75 persen terumbu karang di dunia.

Pesona terumbu karang bawah laut di Raja Ampat Papua masih terjaga keasliannya. (Foto: Ist./Dok.)

Pesona bawah terumbu karang yang memikat serta berbagai jenis ikan hias membuat Raja Ampat menjadi salah satu spot diving terbaik di dunia. Namun demikian ancaman nyata saat ini dihadapai Raja Ampat, potensi ancaman tersebut hadir dari deforestasi di wilayah Raja Ampat.

Dampak deforestasi ini menyebabkan sidementasi di wilayah perairan Raja Ampat sehingga berdampak kepada kehidupan terumbu karang serta ikan ikan di wilayah perairan Raja Ampat.

Raja Ampat, 25 April 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: