Presiden Pimpin Upacara HUT RI ke 74 dengan Kenakan Baju Adat Klungkung Bali

Jakarta |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).

Da yang berbeda dengan prosesi upacara 17 Agustus 1945 kali ini. Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi oleh Mufidah Jusuf Kalla memasuki lapangan upacara dengan menaiki mobil Kepresidenan Indonesia 1.

Tiba di lapangan upacara tepat pukul 10.00 WIB, Presiden Jokowi memimpin upacara dengan mengenakan pakaian adat dari daerah Klungkung, Bali.

Dimilai dengan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali, Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo yang saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Strategi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) bertindak sebagai komandan upacara.

Sedangkan Tim Merah selaku Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengemban tugas mengibarkan bendera Merah Putih. Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Kemudian pengibar bendera ditugaskan kepada Rafi Ahmad Falah sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Banten. Sebagai pembentang bendera ditugaskan kepada Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar yang mewakili Provinsi DKI Jakarta, bersama Rangga Wirabrata Mahardika sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Tim Paskibrakan pengibar bendera untuk Upacara 17 Agustus 2019 beranggotakan perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia, dan telah dikukuhkan oleh Presiden Jokowi pada Kamis (15/8), di Istana Negara. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Upacara peringatan HUT Ke 74 Republik Indonesia ini dihadiri pula oleh Presiden Ke 5 RI Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden ke 6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke 11 Boediono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja lainnya.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.