Presiden Jokowi Undang 3 Capres Makan Siang di Istana Merdeka

Jakarta |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) santap siang bersama tiga calon presiden (capres) yang akan berpartisipasi pada Pemilihan Presiden (Presiden) 2024, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10).

Tampak beragam menu yang disajikan dengan diselingi perbincangan yang akrab, suasana makan siang Presiden Jokowi bersama ketiga capres pun berlangsung dengan hangat.

Dilansir Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden (BPMI Setpres), Senin (30/10), selepas santap siang, Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas undangan makan siang tersebut.

“Tadi kita baru saja diundang makan oleh Bapak Presiden dan lumayan tadi ya makannya. Ada soto tadi, lontong, cumi-cumi, sayur, lumayan jadi bagus ya kita juga dalam suasana yang akrab. Dan tadi kami juga ucapkan terima kasih diundang. Kalau enggak diundang kita jarang bisa kumpul ya,” ujarnya.

Foto: Ist./BPMI Setpres

Sementara itu, Anies Baswedan mengatakan bahwa ia menyampaikan harapan rakyat yang ingin agar para aparat bisa menjaga netralitasnya di dalam perhelatan pilpres mendatang.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan kepada para kepala daerah hingga TNI-Polri terkait netralitas tersebut.

“Tadi beliau sampaikan bahwa beliau memang mengumpulkan penjabat gubernur, bupati, bahkan akan mengumpulkan TNI, polisi, dan semua aparat untuk netral dan kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional.

Jadi, sambung Anies, itu salah satu yang disampaikan kepada kepala negara, dan menurutnya direspons positif, dan baik. “Sehingga diskusi kita juga tadi lancar,” pungkasnya.

Foto: Ist./BPMI Setpres

Senada, Ganjar Pranowo menilai bahwa Presiden Jokowi akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Ia pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga agar pemilu bisa berjalan dengan baik, damai, dan adil.

“Beliau orang baik, Insya Allah juga akan mendukung sistem demokrasi yang baik, dan mudah-mudahan tadi apa yang disampaikan oleh beliau-beliau juga Insya Allah akan bisa dilaksanakan. Tugas kita, yuk kita jaga bersama-sama pemilu ini damai, para aparaturnya betul-betul imparsial, semua bisa berjalan dengan fair, dan kita bisa saling menjaga,” imbuhnya.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist./BPMI Setpres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.