Presiden Jokowi Lantik 781 Perwira Remaja TNI dan Polri

Jakarta |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sebanyak 781 Perwira Perwira Remaja di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7) pagi.

Para Perwira Remaja TNI dan Polri yang dilantik terdiri 259 orang dari Akademi Militer, 103 orang dari Akademi Angkatan Laut (AAL), 90 orang dari Akademi Angkatan Udara, dan 306 orang dari Akademi Kepolisian.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi meminta mereka mengingat perasaan bangga orang tua masing-masing, dan jangan pernah mengecewakan mereka.

“Jangan pernah kecewakan bangsa Indonesia, jangan pernah kecewakan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Jokowi yang didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Disebutkan oleh Jokowi, bahwa di dunia kemiliteran dipastikan telah terjadi perkembangan yang luar biasa dalam strategi, dalam taktik, dalam doktrin, dan dalam sistem persenjataan.

Sementara di dunia kepolisian juga harus semakin canggih dalam memberantas kejahatan digital, dalam penegakan hukum, dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban, serta perlindungan dan pelayanan kepada rakyat dan masyarakat.

“Semua harus dihadapi dengan respons yang cepat, harus dihadapi dengan respons yang cerdas, harus dihadapi dengan respons yang tepat, harus dihadapi dengan respons yang profesional serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tuturnya.

Jokowi meminta para Perwira Remaja TNI dan Polri harus menjadi bagian penting dari kualitas SDM Indonesia yang hebat untuk membangun Indonesia yang berdaulat dan bermartabat.

“Sekali lagi, ada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, ada mental dan karakter yang tangguh, yang tanggap, cepat, dan cerdas, ada karakter kebangsaan yang kokoh menjaga NKRI dan menjaga Pancasila yang sejati,” tutupnya.

Para perwira ramaja telah melalui proses penyaringan yang sangat ketat dan perjuangan yang sangatlah berat, diantaranya adalah Fajar M Al Farouk yang berhasil meraih Adhi Makayasa lulusan Akademi Militer (Akmil) Korps Penerbang Angkatan Darat.

Kemudian Ariz Pama Yudhaprawira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Korps Pelaut, Sedangkan dari Akademi Angkatan Udara (AAU) diraih M Ihza Nurrabanni dari Korps Teknik, dan dari Akademi Kepolisian (Akpol) bernama Muhammad Idris.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Mufidah Kalla, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, para Kepala Staf TNI, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: