Presiden Jokowi Kunker ke Bali Tinjau Pameran IKM dan Groundbreaking RS Internasional

Denpasar |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Bali, Senin (27/12), guna melakukan peninjauan pameran Industri Kecil Menengah (IKM) Bali Bangkit dan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali di Kota Denpasar.

Berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia 1 sekitar pukul 07.00 WIB, dan tibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Saat turun dari Pesawat Kepresidenan Indonesia 1, Presiden Jokowi beserta rombongan disambut langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Bali lainnya.

Kemudian presiden bersama rombongan langsung menuju kawasan wisata Sanur, Kota Denpasar untuk melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan harapan atas RS yang dibangun melalui kerja sama dengan Mayo Clinic, Amerika Serikat (AS) itu nantinya menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Kesehatan.

”Kita harapkan kalau ini jadi, tidak ada lagi rakyat kita, masyarakat kita yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Menurut Jokowi setiap tahunnya sekitar dua juta masyarakat Indonesia pergi ke luar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Baik itu ke Singapura, baik itu ke Malaysia, baik itu ke Jepang, baik itu ke Amerika (Serikat), dan ke tempat-tempat lainnya, dan kita kehilangan Rp97 triliun karena itu,” tukasnya.

Oleh karena itu, dirinya pun mengapresiasi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan jajarannya yang telah menggagas pembangunan RS berskala internasional yang diharapkan akan mendorong Bali menjadi destinasi wisata kesehatan.

“Bali akan menjadi tempat destinasi wisata kesehatan dan ini akan menaikkan, meningkatkan wisata orang ke pulau Bali. Kita harapkan tidak orang kita yang keluar tapi orang luar nanti yang akan masuk ke Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatannya, karena di sini ada kerja sama antara kita dan Mayo Clinic yang sudah sangat terkenal itu,” ujarnya.

Pembangunan RS berskala internasional yang terletak di Kawasan Wisata Sanur, Kota Denpasar itu diharapkan dapat selesai dan beroperasi pada pertengahan tahun 2023 mendatang.

Usai melakukan seremoni peletakan batu pertama, Presiden Jokowi kemudian menuju Taman Werdhi Budaya Art Centre di Kota Denpasar, untuk meninjau pameran Industri Kecil Menengah (IKM) Bali Bangkit.

Setiba di lokasi, Presiden Jokowi menyatakan apresiasi terhadap produk yang dihasilkan oleh para pelaku IKM di Provinsi Bali. Ia menilai produk yang dihasilkan oleh IKM Bali memiliki kualitas yang sangat baik.

“Saya sangat menghargai pameran ini. Kita bisa melihat secara jelas betapa karya-karya, desain dari IKM-IKM di Provinsi Bali sangat, sangat memiliki kualitas yang sangat baik,” tuturnya.

Pada pameran yang menghadirkan 35 pelaku IKM yang memamerkan beragam produk seperti kain tradisional, kerajinan rakyat, perhiasan tradisional, furnitur, dan produk seni unggulan lainnya, Presiden Jokowi sempat berbincang dengan beberapa pelaku IKM di antaranya adalah pengrajin kursi, kain tenun, serta lukisan.

Selama peninjauan, Presiden Jokowi tampak dipandu oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ni Luh Putu Putri Suastini Koster.

Presiden berharap produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku IKM tersebut dapat dipilih dan dijadikan suvenir saat perhelatan G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada 2022.

“Kita harapkan ini nanti akan kita tunjukkan kepada dunia saat G20 ditambah dengan produk-produk yang akan kita seleksi dari provinsi-provinsi yang lain,” ucap Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden saat meninjau pameran tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Usai peninjauan, Presiden Jokowi bersama rombongan akan langsung menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, untuk kemudian lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Di Sulawesi Tenggara, Presiden Jokowi diagendakan untuk meninjau pabrik pembuatan besi, hingga meninjau dan meresmikan pabrik smelter nikel.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: