Presiden dan Ibu Negara Ikut Saksikan Pagelaran Wayang Kulit Kresno Jumeneng Ratu

Jakarta |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit 74th Indonesia Merdeka “Kresno Jumeneng Ratu”, yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (2/8) malam.

Pada acara tersebut, Presiden Jokowi menyerahkan tokoh wayang Kresna kepada dalang Ki Manteb Sudarsono dan sebaliknya. Presiden juga sempat memainkan wayang tersebut beberapa saat setelah persembahan tari dan lagu oleh sejumlah penyanyi.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan, bahwa Ki Dalang Manteb Sudarsono sempat memprotes dirinya karena persiapan untuk tampil dalam acara tersebut hanya diberi 2 minggu.

“Emang zamannya sekarang zaman serba cepat, ini juga persiapannya sangat cepat,” kata Pratikno dikutip laman setkab.go.id, Sabtu (3/8).

Dalam kesempatan itu, Mensesneg mengajak masyarakat yang hadir dalam acara tersebut untuk berdoa sejenak setelah adanya gempa di pantai barat, di Sumedang, Banten, dan wilayah barat Lampung.

“Jadi, marilah kita berdoa sejenak, semoga tidak ada korban yang berarti. Semoga bisa semuanya tertangani dengan baik. Dan semoga warga masyarakat di daerah kawasan titik gempa tidak ada satupun yang menjadi korban,” ucap Mensesneg.

Selain dalang Ki Manteb Sudarsono, menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit 74th Indonesia Merdeka “Kresno Jumeneng Ratu” itu juga menampilkan seniman Soimah, Didi Kempot, Edo Kondolongit, Endah Laras, Butet Kartarajasa, dan Cak Lontong.

“Jadi walaupun ini wayang akan juga tampil beberapa seni dari daerah lain. Semuanya adalah pesan bahwa kita harus terus untuk nguri-uri budaya bangsa dari berbagai daerah di Indonesia.  Itulah kekayaan kita yang luar biasa yang harus kita pelihara dan kita kembangkan,” pungkas Mensesneg.

Tampak ikut menyaksikan dalam kesempatan itu antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepal Staf Kepresidenan Moeldoko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.