Pengurus dan Anggota PWOIN Kota Depok Bentuk Panitia Pra UKW

Depok |
Pengurus Perkumpulan Wartawan Online Inependen (PWOIN) Kota Depok menggelar rapat pengurus pembentukan panitia pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Kedai Ngopi Samping BNI Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, Sabtu (27/6).

Pertemuan hari itu dihadiri oleh sejumlah wartawan dari berbagai media yang sebagian besar bertugas di wilayah Kota Depok dan sekitarnya.

Beberapa materi yang menjadi pembahasan diantaranya adalah program kerja yang sudah dilaksanakan PWOIN Kota Depok selama masa pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Ketua PWOIN Kota Depok Benny Gerungan menyampaikan, bahwa kegiatan rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi kegiatan yang telah rampung dikerjakan.

“Diantaranya program pemberian bantuan sembako untuk anggota yang didatangkan dari salah satu donatur yang dikoordinir oleh Rachmat selaku Sekretaris PWOIN Kota Depok,” ujarnya.

Kemudian yang kedua, sambung Benny, adanya pemberian sembako dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk 15 wartawan PWOIN Kota Depok yang meliput kegiatan di instansi tersebut.

“Ketiga adalah pemberian sembako dan Vitamin C untuk 33 wartawan, yang didatangkan dari Mangaranap Sinaga yang merupakan Sekretaris Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia Setempat (PGIS) Kota Depok,” jelasnya.

Menurut Benny, PWOIN Kota Depok juga mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa uang sebesar Rp 250 ribu untuk wartawan PWOIN Kota Depok dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Selanjutnya yang menjadi inti pertemuan hari itu, ungkap Benny, telah disepakati dalam waktu dekat nantinya akan diadakan kegiatan pra UKW bagi anggota PWOIN Kota Depok.

“Hal ini diupayakan demi meningkatkan standarisasi anggota kami supaya lebih mumpuni dalam bidang kejurnalistikan khususnya,” kata Ketua PWOIN Kota Depok itu.

Disamping itu, Benny menambahkan bahwa pihaknya juga akan menggelar kegiatan yang bersifat edukasi, seperti Lomba Karya Tulis Jurnalistik pra-UKW dan ditambah beberapa kegiatan lainnya.

“Banyak lagi yang program yang akan dilakukan PWOIN Kota Depok, dikarenakan situasi inilah (Pandemi Covid-19) yang membuat roda organisasi berjalan agak stagnan (macet),” tukasnya.

Benny juga menggarisbawahi, bahwa situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah akan segera berakhir dengan dimulainya tatanan kehidupan baru (new normal), namun ia menegaskan pihaknya akan tetap berkarya.

“PWOIN Kota Depok akan bangkit dengan konsep sesuai visi dan misi yang diembannya, yaitu membangun era peradaban digital elektronik dalam perang asimetris,” tuturnya.

Diharapkan oleh Benny, anggota PWOIN Kota Depok harus memiliki wawasan serta mampu mentransformasikan tulisannya, dengan mengulas hal-hal  informasi yang aktual, akurat dan dipercaya.

“Walaupun ditengah situasi dan kondisi seperti sekarang ini, yang paling penting selalu menjaga marwah jurnalistik dengan kode etik wartawan Indonesia,” pungkasnya.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: