May 20, 2024

Penertiban Alat Peraga Kampanye di Lokasi Kunker Presiden Murni Estetika dan Sesuai SOP

Badung |
Beredarnya berita dan video viral pencopotan baliho, bendera dan atribut partai tertentu saat Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Gianyar pada Selasa (31/10) ditanggapi Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali tersebut mengatakan bahwa fakta di lapangan tidak sama dengan narasi yang terbangun dengan terkesan tendensius.

“Faktanya tidak demikian. Buktinya di Kota Denpasar bisa dilihat masih banyak baliho, bendera dan atribut terpasang, sepanjang jalan di Batubulan hingga lokasi acara kunker,” ujarnya, di Badung, Bali, Selasa (31/10).

Dikatakan oleh Mahendra, Bahwa yang terjadi adalah hanya menggeser sementara baliho calon presiden (capres) alat peraga sosialisasi, hingga atribut partai terutama yang berada di sekitar lokasi kunker Kepala Negara dengan tujuan murni untuk estetika.

“Setelah acara kunker Presiden selesai, maka alat sosialisasi dan baliho tersebut akan dikembalikan,” tandasnya, seraya menekankan bahwa penertiban sementara dilakukan tanpa memandang pihak manapun selama berada dalam radius yang ditentukan.

Dirinya juga menegaskan, bahwa tidak ada maksud lain selain menjaga agar acara kunker resmi Kepala Negara bisa berjalan lancar dan baik. “Baliho atau atribut yang sempat ditertibkan sudah dipasang kembali seperti sebelumnya,” terang Mahendra Jaya, yang juga didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra.

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Harfendi dalam menanggapi adanya anggota TNI serta Polri yang terlihat dalam proses penertiban baliho dan atribut, menurutnya memang sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) pengamanan Kepala Negara.

“Dandim sebagai Komandan Komplek (Danplek) dan Polres sebagai Wakil Komandan Komplek (Wadanplek) di lokasi kunker. Jadi pihak Dandim dan Polres memang yang bertugas di sana sesuai SOP pengamanan kedatangan RI 1,” pungkasnya.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.