July 18, 2024

Letjen TNI Purn I Nyoman Cantiasa Jabat Waka BIN

Denpasar |
Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) I Nyoman Cantiasa diangkat menjadi Wakil Kepala (Waka) Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Letjen TNI (Purn) Teddy Lhaksmana Widya Kusuma.

Pengangkatan I Nyoman Cantiasa tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima (SKEP) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang dikeluarkan pada tanggal 9 November 2023.

Selanjutnya SKEP yang ditandatangani oleh Kepala Sekretaris Umum (Ka Setum) TNI Brigjen TNI Edy Rochmatullah juga menyebutkan pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) Waka BIN menunggu Surat Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

I Nyoman Cantiasa, pria asli Bali kelahiran 26 Juni 1967 diamanahkan menjabat Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koorsahli KSAD) memiliki segudang pengalaman di berbagai operasi militer, diantaranya Operasi Seroja, Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma, Pemberontakan di Aceh, Operasi Nemangkawi, Operasi Damai Cartenz, Operasi pembebasan sandera kapal MV Sinar Kudus, dan Operasi Konflik Ambon 2001.

Sewaktu memimpin Kontingen Indonesia dalam Lomba Tembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke 16 di Hanoi Vietnam pada tahun 2006 silam, tim besutannya tersebut berhasil meraih juara umum dan menyabet 24 medali emas, 10 perak, 9 perunggu, serta 15 piala atau tropi.

Saat masih menjalani pendidikan di Akademi Militer (AKMIL), Cantiasa sudah dipercayakan menjadi Komandan Resimen Korps Taruna (Danmenkorpstar). Mantan Wakil Komandan Sub Tim Detasemen 81 (Penanggulangan Teror) atau Sat-81/Gultor Kopassus tersebut juga pernah menjadi Komandan Upacara Penurunan Sang Merah Putih dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 68 RI di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2013.

Sepanjang karir militernya, lulusan terbaik peraih Bintang Adhi Makayasa AKMIL 1990 dan penyandang bintang tiga dipundak tersebut pernah menuai prestasi sebagai siswa dengan karya tulis terbaik saat mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) XLI Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2014.

Selain posisi Waka BIN yang diemban Letjen TNI (Purn) I Nyoman Cantiasa, rotasi kepemimpinan juga dialami oleh sebanyak 30 pejabat BIN dari berbagai tingkatan. Di dalam tubuh TNI sendiri terdapat 105 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang mengalami mutasi dan promosi jabatan.

Pati TNI yang dirotasi di antaranya adalah jabatan Kepala Sekretariat Militer Presiden (Sesmilpres) yang sebelumnya dijabat Laksamana Muda (Laksda) TNI Hersan bakal digantikan Brigjen TNI Rudi Saladin yang sedang dipercayakan menjabat Staf Khusus (Stafsus) KSAD.

Berita: Red/Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.