Pemprov, Polda, Penyelenggara Pemilu, dan Paslon Tandatangani Deklarasi Damai

Denpasar |
Menjelang pemilihan gubernur (Pilgub) 27 Juni mendatang di Provinsi Bali, Kepolisian Daerah (Polda), penyelenggara pemilu, serta pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur menandatangani kesepakatan damai pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018, di di Lapangan Bajra Sandhi Renon, Denpasar, Selasa (13/2).

Dalam kesempempatan itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyampaikan, tekad dan tanggung jawab semua pihak dalam mengimplementasikan deklarasi ini jauh lebih penting.

“Pilkada merupakan bagian penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai wujud penegakan konstitusi, kedaulatan rakyat, dan pembangunan demokrasi,” ujar Pastika.

Menurut mantan Kapolda Bali itu, kesuksesan jalannya pemilu adalah tolak ukur kehidupan demokrasi dan kedewasaaan berpolitik masyarakat Bali.

Pilkada berkualitas mampu mewadahi keberagaman aspirasi dan melahirkan pemimpin Bali yang berkualitas. Dirinya berharap pesta demokrasi Bali berlangsung tertib, lancar, damai, bermartabat dan berbudaya.

Sementara itu Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose pada kesempatan itu mengajak kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali, tim sukses, dan pendukungnya untuk mewujudkan pilkada aman dan damai, serta kondusif pada setiap tahapan Pilkada Bali 2018.

Disebutkan oleh Kapolda, keamanan Bali merupakan cerminan keamanan nasional, mengingat Bali tahun ini menjadi tuan rumah pertemuan The Annual Meetings of International Monetary Fund & World Bank Group (IMF-WBG) 2018.

“Kewajiban kita semua menjaga keamanan Bali,” kata Irjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Perhelatan politik saat ini, lanjut Golose, sejatinya bukan hanya memperebutkan kursi nomor satu di Bali, namun juga memilih pemimpin rakyat terbaik.

Kedua paslon gubernur dan wakil gubernur yang juga hadir menandatangani deklarasi damai, selanjutnya melaksanakan pengundian nomor urut pada jam 16.00 waktu setempat di Kantor Gubernur, Wisma Sabha, Denpasar.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.