Pejabat Negara Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila dengan Kenakan Baju Adat

Jakarta |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta para pejabat negara menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila dengan mengenakan pakaian adat nusantara.

Dengan mengenakan baju adat Jawa lengkap dengan beskapnya, Presiden Jokowi menjadi inspektur pada upacara yang digelar di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta Pusat, Jumat (1/6).

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan parade dari siswa-siswi SD, SMP, SMA, Pramuka, Organisasi Mahasiswa, Polri, TNI AL, AU dan AD yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Zukifli Hasan.

Kemudian Pembacaan UUD 1945 dilaksanakan oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, amanat Inspektur Upacara dan pembacaan doa oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam upacara ini juga disertai penyerahan hadiah Lomba Kreasi Pancasila yang diadakan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) oleh Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri.

Upacara yang dimulai sejak pukul 7 pagi, berakhir pukul 09.00 WIB dengan persembahan lagu-lagu dari Paduan Suara Mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Tampak hadir dalam upacara, diantaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai baju adat senada Betawi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung baju adat Jawa, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang menggunakan baju adat Tidore.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Setkab

%d bloggers like this: