Parade Baju Adat Meriahkan HUT RI ke 72 di Istana

Jakarta |
Parade baju adat warna-warni baju daerah dari Sabang sampai Merauke meramaikan peringatan hari ulang tahun ke 72 Republik Indonesia di Istana, Kamis (17/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertindak sebagai inspektur upacara turut serta berpartisipasi dengan mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat Minangkabau, Sumatera Barat.

Presiden Jokowi juga menyempatkan memperkenalkan beberapa Pasukan Pengamanan Presiden yang juga mengenakan pakaian adat kepada insan pers dan sejumlah tamu yang berada di tenda sisi barat istana.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir mengenakan baju adat Bugis. Tidak ketinggalan beberapa pejabat lain juga mengenakan pakaian tradisional, diantaranya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang memakai pakaian adat daerah Riau, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang mengenakan pakaian adat khas DI Yogyakarta.

Bagi 5 peserta maupun tamu upacara dengan pakaian adat terbaik, mendapatkan hadiah langsung sepeda dari Presiden Jokowi.

Setelah diumumkan oleh presiden langsung, mereka yang menang diantaranya adalah Yasonna Laoly (baju adat Nias), Oesman Sapta Odang (baju adat Minangkabau), Syarif M Fitriansyah (baju adat Dayak), Ibu Tri Karnavian (baju adat Papua), dan Agathi Suli Mahyudin (baju adat Dayak)

Mengomentari hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Oedang mengatakan tidak meyanyangka bakal dapat hadiah sepeda dari presiden.

“Sebagai Dewan Perwakilan Daerah, boleh pakai semua daerah. Sekarang kebetulan saya sedang pakai Sumatra Barat. Dan Alhamdulilah tidak sia-sia. Saya nanti kalau pakai yang lain juga harus menang,” ujar Oesman.

Menurut pria yang biasa disapa OSO itu, sepeda yang didapatkan itu merupakan sejarah. “Bukan soal harganya, tapi sejarah di 17 Agustus, di Istana, saya dapat hadiah. Nanti sampai cucu saya itu bisa naik sepedanya,” pungkasnya.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Setkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.