Pameran Sains SD Jaktim Dimeriahkan Roket Tenaga Air dan Listrik dari Buah

Jakarta |
Roket tenaga air temuan kelompok Mars, alat pendeteksi banjir terbuat dari alat suntik kreasi kelompok Mercurius dan listrik dari buah lemon yang didemonstrasikan para siswa SD Negeri Jakarta Timur itu telah menjadi perhatian ratusan pengunjung Pameran Sains ,Teknologi, Enjiniring dan Matematika (STEM) 2017.

Pameran sehari itu diselenggarakan Roll-Roys dan Kuark di Gedung Serbaguna Blok C kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (27/10) dan dibuka Wali Kota Jakarta Timur yang diwakili Kepala Bagian Umum Wali Kota Jaktim Budi Awaludin.

“Pak Wali Kota masih ada tugas lain, namun beliau berpesan dengan pameran ini diharapkan para siswa di Jakarta Timur penggemar sains dapat menjadi ilmuwan yang handal,” kata Budi Awaludin.

Pembukaan pameran ditandai pemberian suvenir dari pimpinan Kuark dan Roll Roys kepada pejabat kantor Wali Kota tersebut dilanjutkan peninjauan pameran yang dipandu Ketua Panitia, Amak Asofi.

Hadir dan memberikan perhatian serius pada acara itu, Direktur KUAK Internasional Sanny Djohan, Dekan FT Universitas Pancasila dan perwakilan Roll Roys dari Singapura, Loh Pin Sun. “Anak anak dan gurunya cukup kreatif karena semua menggunakan bahan daur ulang,” ujar Mr Loh.

Yang menarik perhatian karya roket bertenaga air yang terbuat dari botol air kemasan 1 liter diberi sirip plastik. Setelah diisi air dan dipompa, pelatuk ditekan, meluncurlah roket tersebut sejauh 10 meter.

Menurut Amak Asofi pameran ini diikuti 40 orang guru SD se Jaktim yang telah mengikuti pelatihan STEM pada 25-28 September 2017 di tempat ini juga. Nah para guru tersebut menularkan kepada anak muridnya sebanyak 235 orang yang ikut pameran itu.

Juri menilai Grup Bumi dengan karyanya listrik wireless (nirkabel) keluar sebagai Juara 1 dengan hadiah 5 otopet bagi murid muridnya dan paket pembelajaran STEM bagi guru gurunya.
Grup ini dari SDN Pulogadung 06, SDN Cakung Timur 05, SDN Cakung Barat 08, dan 01, serta SDN Jatinegara 06.

Juara ke 2 diraih Grup Jupiter dengan karyanya Alat Pendeteksi Banjir terbuat dari alat suntik. Oza siswa SDN Duren Sawit 02 menjelaskan alat itu disebut Alarm Psikomotorik. Teman satu timnya dari SDN Cipinang 03, Pulogadung 07 dan 09.

Sedangkan Roket bahan bakar air meraih peringkat ketiga. Alat listrik dari buah lemon, labu siam dan kentang cukup menarik perhatian, namun tak mendapat nomor.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Pri

Keterangan foto:
1. Roket dengan tenaga air dari pipa sebelum diluncurkan (kiri atas).
2. Listrik dari buah lemon, labu siam dan umbi kentang (kanan atas).
3. Budi Awaludin (ketiga dari  kiri) mewakili Wali Kota Jakarta Timur meresmikan pameran (bawah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *