Muhammad Zohri Berhasil Menangkan Juara Dunia Atletik 100 Meter di Finlandia

Jakarta |
Pelari Indonesia Muhammad Zohri berhasil menjadi juara dunia pada kejuaraan atletik International Association of Athelthic Federation (IAAF) 2018 di Finlandia.

Muhammad Zohri yang baru berusia 18 tahun meraih medali emas dengan catatan waktu 10.18 detik pada nomor 100 meter Kejuaraan Dunia U20 IAAF, di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7).

Pelari asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, turun di nomor final dengan predikat juara Asia U20 pada Juni 2018 lalu dengan catatan waktu terbaik 10.27 detik, yang kemudian dipertajam di Jakarta menjadi 10.25 detik.

Saat di pertandingan semifinal, Zohri mampu mencatat waktu 10.24 detik, hanya 0.05 detik di belakang atlet AS, Anthony Schwartz.

Namun di final, Zohri mampu melejit dan mengatasi dua pesaing utamanya yang berasal dari AS tersebut.

Bagi beberapa pihak, kemenangan seperti yang ditorehkan oleh Muhammad Zohri diyakini bisa menjadi modal untuk Asian Games 2018, khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggi atas prestasi yang berhasil diraih Zohri. Jokowi mengaku bangga ada anak bangsa yang bisa menjadi juara.

“Saya kira bukan saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia merasa sangat senang bangga,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-71 Tahun 2018, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Kamis, (12/7).

Jokowi meyakini, kemenangan-kemenangan yang sudah didapat dari perlombaan sebelumnya seperti badminton, akan menjadi modal untuk Asian Games 2018 nantinya.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.