Menhub Kunjungi Dermaga Kali Adem, Pastikan Life Jacket dan Kapasitas Penumpang

Jakarta |
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Dermaga Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (17/6).

Kunjungan Menhub Budi ke Dermaga Kali Adem lantaran banyak masyarakat yang mengisi libur lebaran dengan berwisata menggunakan kapal laut.

Maka dari itu Menhub memastikan dua hal keselamatan pelayaran yang harus dipenuhi, yaitu pemakaian life jacket dan kapasitas penumpang dalam kapal.

“Hari ini saya memastikan bahwa keselamatan itu harus menjadi satu yang utama. Yang paling sederhana adalah dua, pertama kapasitas, yang kedua adalah life jacket,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Budi juga mengimbau Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke untuk memperhatikan kapasitas penumpang dalam kapal agar tidak berlebihan atau over kapasitas.

Ditegaskan oleh Budi, jika terjadi kapasitas lebih harus ada yang diturunkan. Kemudian jika terjadi  kekurangan life jacketnya, penumpang juga harus diturunkan.

“Jadi kalau kapasitas lebih harus ada yang diturunkan, yang kedua kalau kurang life jacketnya diturunkan juga. Keselamatan itu adalah keharusan, para operator, syahbandar dan pengelola pelabuhan harus taat pada SOP (Standard Operational Procedure),” tegasnya.

Disebutkan oleh Budi, bahwa pihaknya juga akan menambahkan personil yang bakal ditempatkan di Dermaga Kali Adem untuk membantu mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Saya akan minta Dirjen Perhubungan Laut untuk menambahkan personil Basarnas disini. Kedua kita akan siapkan kapal-kapal cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. karena satu hari disini mencapai 4 ribu penumpang yang jalan ke pulau-pulau dengan menggunakan kapal,” terangnya.

Terkait fasilitas pelabuhan, Kemenhub akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. “Saya akan koordinasi dengan Pemda DKI karena ini kapasitas mereka. Saya akan usulkan kepada Pemda DKI untuk diperbesar pelabuhannya karena khususnya pada saat lebaran dan Sabtu-Minggu ini penumpangnya banyak,” ujar Menhub.

Dalam kunjungannya, Menhub juga menyempatkan berbicara dengan penumpang kapal serta memberikan life jacket kepada awak kapal.

Hal tersebut bertujuan agar awak kapal dapat memberi contoh dan mengingatkan penumpang untuk selalu menggunakan life jacket untuk keselamatan.

Turut hadir dalam kunjungan Menhub diantaranya Dirjen Perhubungan Laut Agus H Purnomo, Kepala KSOP Muara Angke Mardiantika Sanggur, Direktur KPLP Perhubungan Laut Junaidi, Kapolres Tanjung Priok Eko Budisantoso.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.