Mabes TNI Mutasi 129 Pati, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Jabat Pangdam Udayana

Denpasar |
Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) kembali melakukan mutasi jabatan terhadap para perwira tinggi (pati) di tubuh TNI.

Dalam siaran persnya, Jumat (20/11), TNI melakukan nutasi berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/991/XI/2020 tanggal 18 November 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto merotasi jabatan terhadap 129 pati pada tiga matra.

Dari keseluruhan 129 pati yang telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan, terdiri dari 53 Pati TNI Angkatan Darat (AD), 43 Pati TNI Angkatan Laut (AL), dan 33 Pati TNI Angkatan Udara (AU).

Diantara nama yang mengalami mutasi jabatan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mempercayakan Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak untuk berdinas di wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana.

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) kemudian ditunjuk menjadi Pangdam IX/Udayana tertera dalam SKEP Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 pada tanggal 18 November 2020 silam.

Tongkat komando Pangdam IX/Udayana yang sebelumnya dipegang oleh Mayjen TNI Kurnia Dewantara, selanjutnya menjalankan tugas sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka persiapan masa pensiun

Selanjutnya posisi Danpaspampres yang ditinggalkan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak diisi oleh Brigjen TNI Agus Subiyanto yang sebelumnya menjabat Danrem 061/Surya Kencana (Bogor) Kodam III/Siliwangi.

Dalam catatan karir militernya, Maruli Simanjuntak meniti karir di kesatuan Komado Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD dan memiliki sejumlah pengalaman memimpin pasukan.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 itu juga tercatat pernah menjadi Komandan Detasemen Tempur (Denpur) Cakra pada tahun 2002 silam. Kemudian di tahun 2014, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak pernah menjabat sebagai Asisten Operasi Komandan Jenderal (Asops Danjen) Kopassus.

Maruli yang merupakan kelahiran Bandung juga pernah menjabat sebagai Danrem O74/Warastratama Solo sejak tahun 2016 hingga 2017. Selanjutnya ia dipercaya mengabdi di istana negara dengan menduduki jabatan Wakil Komadan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres) selama tahun 2017 sampai dengan 2018.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: