Letjen Doni Monardo Resmi Jabat Kepala BNPB

Jakarta |
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Doni Monardo secara resmi menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menggantikan Kepala BNPB sebelumnya Willem Rampangilei, Letjen Doni Monardo dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan Surat Keputusan Presiden No 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala BNPB yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.

Usai dilantik, Doni mengatakan akan melakukan tugas negara yang dipercayakan kepadanya. Dia juga berjanji akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal.

“Sore ini saya akan menerima briefing dari seluruh pejabat di BNPB, selanjutnya saya akan melakukan berbagai langkah untuk turun ke lapangan,” kata Doni usai dilantik  di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1) pagi.

Doni mengatakan, mengenai prioritas yang akan dilakukannya selaku Kepala BNPB akan menyelesaikan beberapa wilayah yang mengalami bencana, baik itu di Lombok, di Palu, dan terakhir di Banten dan Lampung, serta Cisolok di Sukabumi Selatan.

Disamping  itu, Doni menyebutkan BNPB akan menyusun sebuah program untuk memperluas mitigasi bencana. “Mudah-mudahan ini akan sampai ke tingkat desa, bahkan sampai ke tingkat RW nantinya. Dan seluruh komponen harus kita libatkan,” terangnya.

Menjelaskan kemungkinan mitigasi bencana masuk ke kurikulum pendidikan, menurut Doni, dirinya akan memantau perkembangan, sejauh mana konsep atau program pembelajaran bagi para pelajar. Doni mengisyaratkan, bukan hanya di tingkat sekolah menengah, tapi juga sekolah dasar dan taman kanak-kanak (TK) juga.

“Termasuk daerah-daerah yang rawan bencana, potensi bencana yang besar, mungkin dari rumah tangga dari balita juga sudah disampaikan sehingga kesiapannya akan lebih maksimal,” tambahnya.

Dari hasil kajian dan riset sejumlah pakar di bidang kebencanaan, sambung Doni, ada sejumlah potensi megathrust di beberapa wilayah. Menurutnya ini harus disampaikan kepada publik dengan cara-cara yang tepat, sehingga semua kawasan yang nantinya menjadi potensi bencana sudah mempersiapkan diri.

Letjen Doni Monardo lahir di Cimahi  Jawa Barat pada 10 Mei 1963, merupakan alumnus Akademi Militer 1985. Ia pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres (2012-2014), Danjen Kopassus (2014-2015), Pangdam Patimura (2015-2017), Pangdam Siliwangi (2017-2018), dan terakhir Sekjen Wantanas (2018-2019).

Acara pelantikan Kepala BNPB Doni Monardo dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani, Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri PANRB Syafruddin, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Humas Setkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.