July 18, 2024

Lantik 333 Siswa Diktukba Polri TA 2022, Kapolda Bali: Jadilah Polri yang Presisi

Denpasar |
Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra melantik 333 siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri gelombang I Tahun Anggaran (TA) 2022, di lapangan Bhakti Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Bali, Singaraja, Bali, Kamis (7/7).

Upacara tersebut juga dihadiri Waka Polda Brigjen Pol Ketut Suardana, Komandan Kodim (Dandim) 1609/Buleleng, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider 900/SBW Mayor Inf Deden Ika Drajat, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

Juga tampak hadir sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Bali, diantaranya Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM), Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karo Rena), Kepala SPN, Kepala Bidang Hukum (Kabidkum), Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokes), Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabidpropam), serta Kapolres Buleleng, Kapolres Tabanan dan Kapolres Jembrana, beserta perwakilan Bhayangkari.

Upacara diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Kapolri (Skep) No Kep 800/VII/2022 Tanggal 5 Juli 2022, perihal pelantikan Bintara dan Tamtama Polri Gelombang I TA 2022.

Kemudian dilanjutkan pelantikan dengan penanggalan pangkat siswa dan penyematan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) kepada perwakilan Bintara Polri oleh Kapolda Bali, serta pemberian pehargaan kepada Bintara Polri yang meraih predikat terbaik saat mengikuti pendidikan yaitu Bripda Made Galih Mardianto, asal pengiriman Polda Bali.

Upacara dilanjutkan pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara sumpah seluruh Bintara Polri dengan didampingi para pemuka agama sesuai keyakinan masing-masing para Bintara Polri SPN Polda Bali.

Pada kesempatan itu, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra membacakan sambutan Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Polri yang pada intinya memberikan ucapan selamat kepada seluruh Bintara dan Tamtama Polri gelombang I TA 2022.

Keseluruhan yang sudah dilantik sejumlah 12.240, terdiri dari 11.936 Polisi Laki-Laki (Polki) dan 304 Polisi Wanita (Polwan) resmi menjadi anggota Polri, yang siap di tempatkan di seluruh pelosok negeri.

”Setelah dilantik saudara sudah sah menjadi anggota Bhayangkara yang sejati, jaga nama baik institusi Polri dan junjung tinggi panji-panji Tribrata. Jadilah pelayan pelindung dan pengayom masyarakat yang baik, tingkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri, serta jaga situasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dimanapun saudara bertugas dan jadilah Polri yang Presisi,” ujar Kapolda Bali.

Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia (RI) saat memimpin upacara hari Bhayangkara ke 76, sambungnya, Polri harus mampu menjaga situasi kamtibmas yang kondusif untuk menciptakan kestabilan negara dalam mewujudkan Indonesia maju, Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh.

”Dimanapun saudara bertugas tingkatkan komunikasi yang positif dan humanis dengan masyarakat, serta tingkatkan kemampuan di bidang teknologi dalam menyongsong tugas kedepan yang semakin komplek,” tambahnya.

”Penghargaan saya yang setinggi-tingginya selaku Kalemdiklat Polri kepada Kepala Sekolah Polisi Wanita (Kasepolwan), Kepala Pusat Pendidikan Korps Brigade Mobil (Kapusdik Brimob), Kapusdik Polisi Perairan (Polair), serta 29 SPN Polda dan juga para staf, para instruktur dan pendidik serta lainnya. Berkat mereka para Bintara dan Tamtama Polri gelombang I TA 2022 yang berkualitas, berhasil dididik hingga dilantik pada hari ini,” tutup Kapolda Bali Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Upacara selesai dilanjutkan dengan berbagai peragaan dari para Siswa Sekolah Bintara (Seba) Polri SPN Polda Bali dan penyerahan Skep kepada 333 Bintara Polri oleh Kapolda Bali dan diakhiri sesi foto bersama.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.