Kurang dari 2 Jam, Lokasi Salat Ied Dibersihkan dan Pergerakan Jemaah Keluar dari JIS Tertib Lancar

Jakarta |
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengerahkan personel gabungan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memastikan kelancaran pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (10/7).

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menyatakan, dalam kurun waktu kurang dari dua jam pembersihan area JIS dapat dituntaskan, begitu pula pergerakan jemaah yang dapat keluar dari lokasi dengan tertib dan lancar.

“Alhamdulillah, pelaksanaan salat Ied berjalan lancar. Kurang dari dua jam, sekitar 100 menit, area JIS sudah steril dan jemaah salat juga sudah keluar dari lokasi dengan lancar. Kami bersyukur kolaborasi lintas OPD ini bisa membuat masyarakat nyaman dan terbantu,” ujar Sigit, Minggu (10/7).

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. (Foto: Ist.)

Pelayanan optimal ini dibuktikan dengan dikerahkannya personel gabungan Pemprov DKI Jakarta yang terdiri atas jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara sampai dengan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan.

“Operasi semut untuk pembersihan area JIS ini dilaksanakan sebelum dan sesudah salat untuk menjamin kebersihan di lokasi. Ada 9 unit armada penanganan sampah, 10 bus toilet, dan mobil damkar untuk disinfektan yang dikerahkan. Alhamdulillah, semua bisa tuntas dengan cepat,” tuturnya.

Sigit menambahkan, pengaturan mobilitas jemaah keluar dari area salat Ied juga dapat berjalan dengan baik, sehingga tidak terjadi kemacetan yang panjang di sekitar JIS.

“Tadi pukul 09.30 WIB, area JIS sudah clear dari pergerakan jemaah dan lalu lintas juga terpantau lancar oleh Dishub,” pungkasnya.

Berita: Red/Mh | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.