55 Bus Transjakarta dan Bus Sekolah Antar Jemaah Salat Idul Adha di JIS

Jakarta |
Untuk mendukung kelancaran kegiatan salat Iduladha di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Minggu (10/7), Pemprov DKI menugaskan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk mengoperasikan 35 bus Transjakarta dan 20 bus sekolah.

Layanan ini diperuntukkan sebagai shuttle bus antar jemput pulang-pergi (PP) jemaah dari lokasi-lokasi parkir yang telah disiapkan oleh Pemprov DKI ke JIS dan sebaliknya

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kegiatan salat Ied ini diikuti secara antusias oleh masyarakat. Masyarakat yang hadir menjadi jemaah salat Ied pun mengikuti anjuran Pemprov DKI untuk senantiasa memakai masker.

“Total ada 55 shuttle bus yang dioperasikan dari pukul 04.30 sampai pukul 10.00 WIB yang tersebar di berbagai kantong parkir yang telah disiapkan. Alhamdulillah, petugas di lapangan dengan sigap membantu mengarahkan jemaah, sehingga proses antar jemput jemaah dari lokasi parkir ke lokasi salat berjalan dengan lancar dan tertib,” kata Syafrin, Minggu (10/7).

Syafrin menambahkan, ada 282 petugas dari Dishub dan 56 petugas parkir yang disiapkan untuk mengatur dan menjaga kelancaran arus lalin di sekitar JIS. Sehingga, kegiatan salat Iduladha di JIS berjalan dengan lancar dan membuat suasana #KurbanSemakinIstimewa di Jakarta.

“Petugas kami di lapangan melaksanakan sistem pengaturan lalin yang sudah kami siapkan sebelumnya. Dengan begitu area JIS tetap clear, sehingga arus lalin dan mobilitas kendaraan, serta masyarakat tetap lancar dan terkendali,” jelasnya.

”Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh petugas yang turut berpartisipasi dan telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Bagi masyarakat yang ikut memeriahkan kegiatan salat Iduladha di JIS ini, kami sangat mengapresiasi antusiasmenya dan kepatuhannya terhadap tata tertib dan protokol kesehatan,” imbuh Syafrin.

Sebagai informasi, Pemprov DKI tetap mengoperasikan armada bus layanan regular Transjakarta menuju JIS dan juga menyiapkan titik drop off transportasi umum selain bus Transjakarta bagi masyarakat. Hal ini untuk memudahkan mobilitas masyarakat menuju dan dari kegiatan salat Ied di JIS.

Selain itu, Pemprov DKI juga menyiapkan 8 kantong parkir yang dapat digunakan di dalam area JIS dan sekitar JIS, yakni dalam stadion, parkir timur 1 JIS, parkir timur 2 JIS, parkir sepeda ramp timur, ITF, Taman BMW, Rukan Nusantara, dan parkir Sepeda Motor Ramp Barat.

Di lokasi parkir ini, tidak disediakan shuttle bus menuju JIS dan sebaliknya (PP) karena jarak lokasi salat cukup dekat.

Selanjutnya, ada 5 kantong parkir yang disiapkan di sekitar JIS, yakni di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel dan Ruko Sunter Nirwana. Kemudian, ada 2 kantong parkir yang bersifat opsional (tambahan), yakni di Ancol dan di parkiran C3 (belakang rusun Bandar Kemayoran). Di lokasi-lokasi ini disediakan shuttle bus menuju JIS dan sebaliknya (PP) dengan titik penurunan dan penjemputan ada di Ramp Selatan JIS.

Susan (45), warga Penggilingan, Jakarta Timur, bersama anaknya dan rombongan ibu-ibu lainnya adalah salah satu warga yang memanfaatkan layanan shuttle bus ini. Susan merasa senang dengan adanya layanan shuttle bus gratis ini.

“Sangat terbantu dan senang dengan adanya layanan bus tersebut. Tadi naik dari titik penjemputan samping Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso, dan turun di Ramp Selatan JIS,” ujar Susan di JIS pada Minggu (10/7).

Warga Antusias Hadiri Salat Idul Adha di Jis Sejak Subuh

Pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) disambut antusias oleh warga yang mulai berdatangan sejak pukul 04.30. Mayoritas dari mereka melakukan salat Subuh di Ramp Barat.

Foto: Ist.

Sonia (22), warga Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara mengaku sengaja memilih datang lebih awal agar akses menuju ke JIS lebih lancar.

“Saya salat subuh dulu di rumah terus langsung berangkat naik motor ke JIS supaya tidak susah parkirnya. Makanya datang lebih cepat,” ungkapnya, Minggu (10/7).

Ia menyatakan baru pertama kali datang ke JIS. Sambil menunggu beberapa temannya selesai melaksanakan salat subuh, dirinya memillih berkeliling di sekitar JIS seraya mengabadikan momen suasana pagi hari.

“Ini pengalaman baru. Jadi tidak hanya berkunjung, tapi saya bisa sambil salat. Setelah itu lanjut mau keliling lihat-lihat stadion baru bareng teman-teman,” ucap Sonia.

Di sisi lain, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga sudah mulai melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar JIS dan mengarahkan jemaah.

Beberapa mobil yang parkir sembarang pun terlihat diderek armada mobil derek Dishub DKI Jakarta. Selain itu, petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan PPSU setempat juga mulai melaksanakan operasi semut di area JIS.

Berita: Red | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.