Kepala BNPB: 690 Ribu APD Terdistribusikan ke Provinsi dan Kota/Kabupaten

Jakarta |
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengemukakan, bahwa sekitar 690 ribu Alat Pelindung Diri (APD) telah terdistribusi ke seluruh provinsi, kabupaten, dan kota.

Walaupun hampir mencapai 700 ribu, menurut Doni yang juga selaku Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19, pihaknya akan terus meningkatkan jumlah pengiriman APD tersebut.

“Akan kami tambah terus supaya kebutuhan APD di daerah, terutama di rumah sakit menjadi modal dasar, menjadi (dukungan) moril bagi seluruh tenaga kesehatan terutama dokter dan perawat serta juga masyarakat lainnya,” ujar Doni, dilansir Setkab, Senin (13/4).

Kepala BNPB juga menyampaikan bahwa telah mendistribusi APD kepada sejumlah asosiasi atau perhimpunan dan perkumpulan dokter di luar dokter yang menangani Covid-19.

“Diharapkan semua dokter yang praktik, terutama di daerah-daerah yang sudah pasti terdapat kasus positif Covid-19 harus menggunakan APD demi melindungi tenaga dokter kita,” tuturnya.  

Sementara terkait ventilator, Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 itu mengaku akan berupaya meningkatkan kemampuan produksi ventilator dalam negeri.

“Untuk mendatangkan ventilator dari luar negeri juga tidaklah mudah karena sebagian besar negara hari ini sangat membutuhkan ventilator,” terangnya.

Guna mendukung ketersediaannya, Doni juga berharap akan adanya kerja sama dengan berbagai macam perguruan tinggi, para periset, termasuk juga swasta dan juga Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Berita: Red | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: