KBRI Damaskus Gelar Pemutaran 2 Film Indonesia di Suriah

Pekan pemutaran film dilaksanakan di Sweida pada tanggal 25-26 September 2018, dan di Tartous pada tanggal 3-4 Oktober 2018, bertempat di gedung Pusat Kebudayaan masing-masing provinsi.

Pemutaran 2 film Indonesia tersebut, bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan adat istiadat bangsa Indonesia melalui media diseminasi informasi yang mudah dimengerti masyarakat awam, termasuk warga Suriah.

Selain kedua film tadi, promosi tentang Indonesia juga dilakukan dengan menayangkan film dokumenter tentang perjalanan hubungan bilateral Indonesia dan Suriah, serta film singkat terkait pariwisata Indonesia.

Momen perkenalan budaya dan adat istiadat Indonesia tersebut, sekaligus dimanfaatkan untuk menjaring mitra kerja dan calon wisatawan dari Sweida dan Tartous.

Promosi Indonesia bertajuk pekan film di 2 provinsi Suriah tersebut juga menampilkan display produk-produk Indonesia dan menyediakan brosur-brosur destinasi unggulan pariwisata Indonesia bagi pengunjung Suriah.

Khusus Sweida, promosi budaya diperkuat dengan penampilan musik tradisional Gamelan Jawa pada hari pertama yang dipimpin langsung oleh Dubes RI Damaskus.

Pagelaran dua budaya asing secara bersamaan yang melambangkan hubungan baik dua negara juga sukses ditampilkan di Sweida karena didukung oleh penampilan folklore grup seni setempat, “Kanatha.”

Selain itu, pameran produk dan industri serta pariwisata Indonesia yang dilaksanakan bersamaan dengan promosi budaya digunakan KBRI untuk sosialisasi potensi Indonesia di bidang ekonomi dan perdagangan kepada pengusaha dan pebisnis Sweida, khususnya bagi mereka yang sudah menyampaikan komitmen untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) 33 pada akhir Oktober 2018.

Dilansir portal berita kemlu.go.id, Senin (8/10), hari pertama pembukaan promosi ditandai dengan acara pengguntingan pita oleh Dubes RI pada sudut pameran pariwisata dan produk-produk Indonesia, termasuk batik yang ditampilkan di luar auditórium pemutaran film.

Pembukaan dihadiri oleh Gubernur dan Direktur Kebudayaan masing-masing provinsi, Asisten Menteri Kebudayaan Suriah, pimpinan Partai al-Baaths masing-masing cabang provinsi, dan pejabat tinggi setempat lainnya.

Acara promosi budaya dan pariwisata Indonesia ini sukses terselenggara atas dukungan penuh dan izin dari Menteri Kebudayaan Suriah.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/KBRI Damaskus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.