Karang Taruna di Cibinong Gelar Program Poktan Cakra Bantenan dan Pembinaan Sambung Pucuk

Cibinong |
Pembangunan pertanian di berbagai tingkatan wilayah sangat ditentukan oleh partisipasi aktif dari seluruh subjek pelaku usaha tani baik hulu maupun hilir.

Pelaku utama dan pelaku usaha bidang pertanian memegang peranan penting dalam peningkatan produk dan produktivitas yang juga merupakan salah satu indikator tingkat keberhasilan pembangunan di bidang pertanian.

Pembinaan terhadap pelaku utama dan pelaku usaha ini sangat diperlukan untuk mencapai target pertumbuhan dan peningkatan produk dan produktivitas dalam rangka mensukseskan pembangunan bidang pertanian.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Karangtaruna se Kecamatan Cibinong Dian Asmara, saat menggelar acara pembentukan Kelompok Tani (Poktan) Cakra Bantenan yang diselenggarakan di Posko Karang Taruna Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin, (9/6).

Dijelaskan oleh Dian, bahwa Program Poktan Cakra Bantenan dan Pembinaan Sambung Pucuk yang dicanangkannya itu bertujuan untuk membangun masyarakat sekitar. “Program itu kami siapkan untuk membangun wilayah Kampung Bantenan RW 09 Kelurahan Tengah,” tuturnya.

Dirinya juga menyebutkan adanya program yang dimulai dari poktan dapat menciptakan pembangunan swadaya. “Dimana pembangunan yang ada nantinya benar-benar dari swadaya masyarakat, kita mulai dari poktan yang saat ini ada dan bergerak,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Kang Paul itu berharap nantinya semua warga, khususnya masyarakat Kelurahan Tengah dapat merasakan manfaat adanya poktan. “Pada waktunya semua warga di sini memiliki dampak positif dari kegiatan tersebut,” ujarnya penuh harap.

Tidak hanya untuk penghijauan kampung, sambungnya, dengan adanya poktan ini diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di segala bidang, khususnya penunjang kesejahteraan.

“Penghijauan kampung, Kesejahteraan masyarakat, dan kesehatan serta pendidikan di wilayah Bantenan dengan strategi lanjutan yang telah kita siapkan,” pungkasnya.

Dipenghujung acara dilakukan peninjauan langsung perkebunan milik Poktan Cakra Bantenan yang dihadiri Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian Kabupaten Bogor, Ketua RW 09 Kampung Bantenan, Perwakilan dari Kelurahan Tengah, Anggota Karangtaruna Desa Cimanggis, serta masyarakat yang tergabung dalam poktan wilayah Kelurahan Tengah Cibinong.

Berita: Red | Foto: Is/Agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: