July 18, 2024

Kapolda Resmikan Bangunan Bale Kulkul Prakarsa Dharma Pala Polda Bali

Denpasar |
Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra meresmikan Bangunan Bale Kulkul Prakarsa Dharma Pala yang bertempat di Pintu Barat Halaman Depan Mapolda Bali, Denpasar, Bali, Jumat (7/1).

Saat peresemian, Kapolda Bali tampak didampingi oleh Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana selaku penggagas dan memprakarsai pembangunan Bale Kulkul Prakarsa Dharma Pala, beserta seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Bali.

Disamping itu juga tampak hadir Ni Luh Wayan Dewi Marheni dan Gede Artana Yasa selaku pihak donatur yang membantu pembangunan sehingga bangunan yang sangat mencerminkan budaya Bali ini dapat berdiri.

Dalam sambutannya Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menyampaikan pembangunan bale kulkul tersebut merupakan kearifan lokal yang perlu dipertahakan, selain juga pembangkit semangat seluruh anggota polda bali untuk terus menjaga keamanan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Menurutnya bangunan bale kulkul ini merupakan wujud Polda Bali dalam melestarikan kearifan lokal dan budaya Bali yang terus dipertahankan.

”Selain itu bale kulkul ini juga dapat menjadi simbol semangat seluruh personel Polda Bali dalam menjaga keamanan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penekanan tombol pembukaan tirai Bale Kulkul Prakarsa Dharma Pala oleh Kapolda Bali bersama donatur dan pengguntingan pita yang menandai bahwa bale kulkul yang berdiri megah di pintu barat halaman depan Mapolda Bali ini telah diresmikan.

Pada akhir sesi acara peresmian, dilakukan sesi foto bersama Kapolda Bali dengan seluruh tamu undangan dan dilanjutkan dengan ramah tamah.

Sarana Komunikasi Masyarakat Bali

Bale kulkul merupakan bangunan tradisional yang mencerminkan budaya Bali yang memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi masyarakat Bali.

Begitu juga halnya dengan Bale Kulkul Polda Bali ini dibangun dengan rangkaian tugas Polri, yang berfungsi sebagai penanda pendukung karakter Kota Budaya di pelataran Polda Bali.

Selain sebagai salah satu media komunikasi, wujud harmonisasi manusia dan kultur, juga sekaligus sebuah wahana pemersatu bangsa.

Bale Kulkul Prakarsa Dharma Pala memiliki arti sebagai inisiatif sekelompok orang dalam ikhtiarnya menghadapi suatu tantangan dengan cara berjaga atau bersiaga mengendalikan diri dalam upaya menjadi pelindung kebijakan dan menjaga keamanan.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.