Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Jalani Tes Kesehatan

Jakarta |
Bakal pasangan calon presiden dan bakal calon wakil presiden (bacapres dan bacawapres) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Minggu (12/8), hadir memenuhi kewajiban pemeriksaan kesehatan atau medical check up (MCU)¬† di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, di Jakarta.

Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan bagian dari pemenuhan syarat pencalonan keduanya, setelah resmi mendaftar ke KPU pada Jumat (10/8) lalu.

Tiba di RSPAD Gatot Subroto sekira pukul 08.00 WIB, kehadiran Jokowi dan Ma’ruf Amin disambut Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr Ilham Oetama Marsis serta Kepala RSPAD Gatot Subroto Dr Mayjen TNI Terawan.

kedua pasangan tersebut sebelumnya telah diminta berpuasa sejak pukul 22.00 WIB Sabtu (11/8), yang selanjutnya akan menjalani pemeriksaan selama 12 jam keduanya oleh tim dokter.

Pemeriksaan sendiri dilakukan berjenjang mencakup pemeriksaan jasmani dan rohani, bebas narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya oleh para dokter spesialis, dokter gigi spesialis dan tenaga kesehatan lainnya.

Saat dimintai keterangan, Jokowi mengaku telah menyiapkan diri mengikuti rangkaian pemeriksaan ini dan merasa segar selama menjalani proses tersebut.

“InsyaAllah kita semua siap, saya, beliau (Ma’ruf Amin) masih segar bugar,” tutur Jokowi seusai keluar dari ruang pemeriksaan.

Senada dengan jokowi, Ma’ruf juga mengaku tidak mempersoalkan proses pemeriksaan kesehatan yang berjenjang tersebut. Bahkan dirinya mengaku fit selama menjalaninya. “Ngga ada yang melelahkan,” imbuhnya.

Sementara itu, bacapres dan bacawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Subroto, Senin (13/8), juga hadir memenuhi kewajiban melaksanakan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat RSPAD Gatot Subroto.

Hadir secara terpisah, Prabowo yang hadir lebih dulu sekitar pukul 06.40 WIB, kemudian disusul Sandiaga yang tiba sekitar pukul 07.07 WIB.

Keduanya di sambut langsung Ketua KPU Arief Budiman beserta kolega, Ketua IDI Ilham Oetama Marsis serta Kepala RSPAD Dr Mayjen TNI Terawan dan langsung bergegas memasuki ruang pemeriksaan.

Sama seperti pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin, Prabowo dan Sandiaga juga telah mematuhi perintah puasa sejak Minggu (12/8) pukul 22.00 WIB.

Sementara untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan bertahap, mencakup pemeriksaan jasmani rohani, bebas narkotika psikotropika dan zat adiktif lainnya oleh para dokter spesialis dokter gigi spesialis dan tenaga kesehatan lainnya.

Usai melaksanakan pemeriksaan, kedua pasangan tersebut mengaku puas dan bangga dengan proses pemeriksaan kesehatan ini.

Prabowo maupun Sandi sempat menjawab sejumlah pertanyaan yang disampaikan media, diantaranya terkait proses pemeriksaan yang telah berlangsung sejak pagi hingga petang.

“Atas nama saya dan cawapres saya, penghargaan yang setinggi-tingginya karena sangat profesional dan ketat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Jadi ya nasib saya dan Sandi ditentukan dokter ini,” ujar Prabowo.

Sementara Sandiaga juga mengaku mengapresiasi profesionalitas para dokter dan petugas medis yang memeriksa kesehatannya.

Menurutnya professionalitas dan pelayanan yang diberikan dapat menjadi contoh bagi pelayanan serupa kepada masyarakat disemua tingkatan di Indonesia.

“Saya bangga karena 7 jam kita diperiksa secara profesional,” tutup Sandi.

Berita: Amj | Foto: Istimewa/kpu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: