Teknologi Rumah Tahan Gempa RISHA Diperkenalkan di Lombok

Jakarta |
Pemerintah menganggarkan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk tiap kepala keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan berat akibat dampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkenalkan teknologi yang dinamakan RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) yang memiliki keunggulan yang fleksibel sehingga mampu menahan goncangan gempa.

Dilansir laman produklitbang.pu.go.id, RISHA merupakan rumah dengan konsep knock down, dimana proses pembangunannya tidak membutuhkan semen dan bata, melainkan dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut.

Dengan konsep serta alat dan bahan-bahan bangunan tadi, pembangunan rumah ini dapat diselesaikan dengan waktu jauh lebih cepat.

Kementerian PUPR menuliskan, setelah melalui proses pengembangan sejak 2004, teknologi pembangunan rumah ini telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sebelumnya pembangunan rumah dengan menerapkan teknologi RISHA telah dilakukan di Aceh sebanyak kurang lebih 10 ribu unit setelah bencana tsunami melanda.

Hingga kini, RISHA telah didirikan di lebih dari 60 wilayah di Indonesia dengan jumlah mencapai ratusan ribu unit.

Berita: Amj | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.