July 17, 2024

Jaga Keamanan KTT G20, Polri Kerahkan 9.700 Personel

Denpasar |
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan sebanyak 9.700 personel untuk menjaga keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dilaksanakan di Provinsi Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menyampaikan, bahwa jumlah tersebut adalah gabungan dari personel Polda Bali, Polda Nusa Tenggara Barat, Polda Jawa Timur, dan Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes Polri.

“Keseluruhan jumlah Anggota Polri kurang lebih 9.700. Nanti, pimpinan pengamanannya Panglima TNI, dan Kapolri sebagai wakilnya. Kami akan terus bersama-sama melakukan pengamanan kegiatan KTT G20,” ujarnya di Badung, Bali, Jumat (4/11).

Menurutnya, tim gabungan TNI-Polri sudah menjalankan seluruh tahapan persiapan. Mulai dari pengecekan kemampuan, pemahaman personel, hingga pemetaan potensi ancaman dan sarana prasarana pendukung pengamanan.

Gatot Eddy juga menyebut latihan simulasi pengamanan juga sudah dilakukan sebelum KTT G20 berlangsung. Sehingga, ia memastikan bahwa Polri siap mengamankan event internasional itu.

“Tanggal 1 November semua personel sudah masuk ke wilayah Polda Bali untuk melakukan pengamanan, termasuk sarana prasarananya. Sekarang, kami latihan praoperasi yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti simulasi dan kegiatan di lapangan,” tandasnya.

Wakapolri juga menyampaikan pihaknya juga melakukan pengamanan di Nusa Dua menggunakan sepeda motor dan mobil listrik sebagai kendaraan operasional. ”Karena ada beberapa lokasi acara yang ditetapkan sebagai Zona Khusus Kendaraan Listrik,” imbuhnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memimpin pertemuan KTT G20 yang akan dihadiri para pemimpin negara anggota G20.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam laporannya mengatakan sejauh ini sudah ada 18 pemimpin negara yang menyatakan hadir fisik dalam KTT G20 di Bali.

Mereka yang bakal hadir diantaranya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak, dan Menteri Italia Giorgia Meloni Perdana.

Berita: Ist./Red./Gate 13 | Foto: Ist./Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.