Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra Raih Penghargaan Kapolda Terbaik Kompolnas Awards 2022

Denpasar |
Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dianugerahkan penghargaan ’Kapolda Terbaik’ versi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Awards 2022, di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis (8/12).

Acara penganugerahan dihadiri Ketua Kompolnas Mahfud MD, Wakapolri Komjen Pol Gatot Edy Pramono, serta jajaran Kapolda seluruh Indonesia.

Ketua Kompolnas dalam arahannya mengatakan saat ini Institusi Polri sedang dihadapkan dengan permasalahan distrust atau ketidakpercayaan oleh masyarakat akibat dari berbagai permasalahan yang terjadi.

Guna memperbaiki kinerja Polri dalam penegakan hukum, Ketua Kompolnas yang juga selaku Menko Polhukam mengatakan perlu dilakukannya perbaikan dan perubahan baik secara kultural, struktural maupun instrumen hukum.

”Polri merupakan bagian dari hal instrumen penegakan hukum memiliki peran penting untuk mewujudkan hal tersebut,” ujarnya.

Mahfud juga menggarisbawahi bahwa puncak prestasi pemerintahan Presiden Jokowi terjadi tahun 2022, dimana pada bulan Februari diadakan survei dengan hasil tingkat kepercayaan publik kepada pemerintahan presiden Jokowi sebesar 76 persen.

Dari 76 persen tersebut, sambungnya, merupakan sumbangan terbesar berasal dari kinerja Polri dimana Polri menyumbang 86 persen.

”Hal ini cukup hebat, Polri mampu memberikan partisipasi terbaik, namun kemudian Agustus turun menjadi 54 persen dan sekarang naik lagi menjadi 60 persen,” pungkas Ketua Kompolnas Mahfud MD.

Di kesempatan yang sama, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengatakan penganugerahan Kompolnas Awards ini merupakan kebanggaan luar biasa bagi keluarga besar Polda Bali, karena berhasil meraih peringkat terbaik dalam Kompolnas Awards 2022 ini.

Hal ini tidak terlepas dari suksesnya pengamanan KTT G-20 yang terlaksana pada November lalu, sehingga Polda Bali berhasil meraih penghargaan terbaik se Indonesia.

”Ini akan menjadi momentum untuk mendorong perbaikan terhadap kinerja polri khususnya Polda Bali dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan sebagai fungsi pengendali sosial terhadap masyarakat,” pungkas Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Adapun peringkat nominasi Kapolda terbaik versi Kompolnas Awards 2022 adalah peringkat 1 yaitu Kapolda Bali, peringkat 2 yaitu Kapolda Sumut, peringkat 3 yaitu Kapolda Riau.

Sedangkan peringkat wilayah kepolisian terbaik Polda, Polres dan Polsek se Indonesia yaitu Polda Bali, Polresta Pekanbaru, dan Polsek Linge.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.