HUT Ke 74: Wakil Dankor Brimob: Brimob untuk Indonesia!

Depok |
Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brigade Mobil (Korbrimob) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang ke 74, digelar upacara dan apel pasukan di Markas Komando (Mako) Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (14/11).

Upacara peringatan HUT dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs Idham Azis, serta para pejabat Polri, mantan Dankor Brimob Polri dari masa ke masa, para purnawan Brimob Polri, mitra polri dan para atase kepolisian negara sahabat.

Pada kesempatan tersebut, diselingi acara pemberian warga kehormatan Korps Brimob Polri yang diberikan kepada Menter Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Bupati Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara Samsudin, serta beberapa tokoh lainnya.

Disamping itu juga dileksanakan kegiatan pemberian tali asih kepada para keluarga personil Korps Brimob Polri yang telah gugur saat melaksanakan tugas pada tahun 2019.

Wakil Komandan Korps Brimob (Dankor Brimob) Brigjen Pol Abdul Rakhman Baso kepada awak media menyampaikan, bahwa Brimob adalah bagian dari Polri, dimana tugas pokoknya menanggulangi gangguan kamtibmas yang berkadar dan berkapasitas tinggi.

“Tentunya dalam pelaksanaan tugas ini kami membagi menjadi dua aspek, yaitu yang pertama adalah aspek tugas untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan dalam hal pelaksanaan tugas berkaitan dengan pelayanan kepolisian dalam cara bertindak tentunya dimulai dengan pemahaman tentang regulasi yang mendasari tugas pokok dari pada brimob itu sendiri,” ujar Abdul Rakhman Baso.

Yang kedua, sambungnya, dari aspek personalitinya dan seluruh jajaran Korps Brimob Polri berkomitem untuk tidak melakukan pelanggaran kode etik, pelanggaran HAM dan pelanggaran-pelanggaran yang lainnya.

“Pada hakekatnya bahwa setiap insan Brimob Polri harus mampu mempertahankan menjunjung tinggi kehormatan serta kebanggan yang telah diraih pada masa perjuangan,” tutur Wakil Dankor Brimob itu.

Dirinya juga menambahkan, bahwa nilai-nilai tersebut yang selalu menjiwai dalam pertumbuhan dan perkembangan kemampuan Korps Brimob Polri untuk tetap mempertahankan dan bahkan lebih meningkatkan kinerja.

“Baik dibidang pembinaan maupun operasional dalam menghadapi tantangan yang lebih berat pada masa mendatang dengan meningkatkan jiwa pejuangan dan pengabdian kepada negara dan bangsa,”pungkasnya.

Pada kegiatan hari itu, tampak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua DPR-RI Puan Maharani, Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, para pejabat TNI, serta tamu undangan lainnya.

Menyambut HUT ke 74, Korbrimob sebelumnya menggelar serangkaian kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan, diantaranya Operasi Hernia dan Bibir Sumbing di Markas Komando (Mako) Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (1/11).

Sesuai dengan motto pengabdian Korbrimob, yaitu ‘Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan’, selain Baksos Kesehatan, Korps Brimbo juga menggelar kegiatan lain diantaranya Tabur Bunga di Makam Pahlawan, Donor Darah, dan Anjangsana.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: