Gubernur dan Kapolda Bali Tinjau 3 Lokasi Bencana di Tabanan

Denpasar |
Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra bersama Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, dan Anggota DPD RI Dapil Bali Anak Agung Gde Agung meninjau lokasi terdampak bencana di Kabupaten Tabanan, Bali, Rabu (19/10).

Lokasi yang ditinjau diantaranya adalah Pura Campuhan di Banjar Ganter, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri yang dalam kondisi hancur akibat terjangan banjir bandang dari aliran Sungai Yeh Sungi pada, Senin (17/10) lalu.

Banjir juga menghantam infrastruktur Jalan dan Jembatan di Banjar Cau, Desa Tua, Kecamatan Marga hingga menyebabkan akses terputus.

Foto: Ist.

Sementara kondisi kediaman I Made Gerindem di Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga dalam kondisi tembok penyengker dan tugu roboh akibat hantaman banjir bandang.

Gubernur Bali mengatakan akan menjamin pasokan kebutuhan pokok sehari-hari bagi warga yang terdampak banjir, seperti makanan, air bersih, obat-obatan, serta menyiapkan tempat pengungsian sebagai penanganan awal jangka pendek.

“Jadi penanganan sosial bagi korban terdampak bencana menjadi prioritas utama kami secara jangka pendek,” ujar Gubernur Bali Wayan Koster, usai melakukan peninjauan di tiga lokasi terdampak bencana.

Koster juga mengatakan untuk penanganan jangka panjang kedepannya sedang dirancang relokasi tempat tinggal bagi warga yang tinggal di lokasi–lokasi rawan.

Kemudian, sambungnya, melakukan pembangunan kembali fasilitas umum baik infrastruktur jalan, jembatan, dan saluran air yang rusak akibat bencana.

“Seluruh skema penanganan bencana tersebut siap dibahas dan diputuskan pada Rapat Koordinasi yang akan melibatkan seluruh Pemerintah Kabupaten atau Kota se Bali, Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Pusat,” tandasnya.

Dalam skema penanganan dampak bencana, Gubernur Bali I Wayan Koster menjelaskan pendanaannya ada yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun APBN melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Berita: Red/Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.