July 22, 2024

Festival Takbiran di JIS, Anies Apresiasi Keterlibatan Kolaborator

Jakarta |
Setelah dua tahun tidak merayakan malam takbiran akibat lonjakan kasus COVID-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran 1443 H di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada Minggu (1/5).

Pada kesempatan ini, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran menghadiri sekaligus membuka kegiatan dengan menabuh bedug. Festival ini diikuti oleh perwakilan enam wilayah Kota atau Kabupaten Administrasi di DKI Jakarta.

Gubernur Anies dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dapat terwujud atas kolaborasi bersama berbagai stake holder. “Terima kasih juga kepada panitia penyelenggara, pengisi acara dan peserta kegiatan Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran 1443 Hijriah, sehingga kegiatan gema takbir malam ini dapat berjalan sesuai jadwal,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: PPID DKI Jakarta/Ist.)

Dalam menyambut 1 Syawal 1443 H, lanjut Anies, kegiatan ini adalah perumpamaan gerakan simpul persatuan, simpul lintas suku, agama dan antarbangsa.

“Gema dan gaung acara kita malam hari ini menjadi syiar Islam yang cahayanya bersumber dari Kota Jakarta ke seluruh dunia. Karena itu, acara ini menjadi wujud pemersatu dan meningkatkan rasa cinta seluruh warga DKI Jakarta kepada kotanya, terlebih kegiatan ini kami pusatkan di bangunan JIS, ‘Stadion Kita’, kebanggaan bangsa dan rakyat Indonesia,” ucapnya.

Pada kesempatan ini pula, Gubernur DKI Jakarta turut mengucapkan terima kasih kepada publik figur yang ikut memeriahkan kegiatan malam takbiran di JIS, yakni Pasha Ungu, Opick, dan Indah Nevtari.

Dirinya juga apresiasi kolaborasi lintas jajaran, seperti aparat keamanan, Satpol PP, petugas Dishub, dan instansi terkait lainnya yang telah menjaga, serta memastikan kegiatan berlangsung aman, lancar dan tertib.

“Dengan seluruh kesiapan ini semua, Insya Allah besok pagi Jakarta International Stadium, salah satu kebanggaan kita, digunakan untuk salat Idulfitri. Mari kita gaungkan dan gemakan takbir, tahlil dan tahmid sebagai ungkapan syukur menggapai hari kemenangan dan kita Insya Allah menjadi manusia yang kembali fitrah dan meningkat imannya,” pungkas Gubernur Anies.

Adapun rangkaian dari kegiatan malam takbiran ini meliputi Gema Takbir Idulfitri, Festival Bedug, dan Pesan Idulfitri, dengan lantunan lafas ayat suci Al-Qur’an, ucapan kalimat takbir, tahlil dan tahmid.

Terdapat 30 (tiga puluh) bedug Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta yang diletakkan di JIS untuk Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran. Sekitar 3.000 orang turut memeriahkan acara ini.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani, M Taufik, beserta jajaran anggotanya, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, para pejabat Pemprov DKI Jakarta, Wakil Ketua Umum (Waketum) PBNU Nusron Wahid dan Zulfa Musthofa, para Ulama, para Habaib, serta masyarakat Jakarta.

Berita: Red | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.