Ekspedisi Nusantara Jaya Siap Ikuti Sail Sabang 2017

Sabang |
Rombongan pelajar se Indonesia yang mengikuti Ekspedisi Nusantara Jaya dengan kapal KRI Dewa Ruci sudah 5 hari di Sabang. Keberadaan 68 pelajar SLA berprestasi dari 34 provinsi itu setelah berlayar dari Tanjung Priok sejak 20 November 2017.

Sambutan masyarakat kota Sabang juga begitu hangat, namun sekarang semua harus siap kembali berlayar dalam event Sail Sabang, Senin (4/12).

Banyak pelajaran yang didapat dari ekspedisi ini, antara lain pengetahuan navigasi, morse, tali temali, dan semaphor yang diajarkan oleh para instruktur dari TNI AL, antara lain Kapten Andhika.

“Ya kami harus siap. Besok hari Senin kami berlayar menuju Pelabuhan Belawan,” ujar Febri Salsabila Putri, peserta Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 di Sabang yang dihubungi Restorasi News dari Jakarta, Minggu (3/12).

Selanjutnya siswi SMA Negeri 10 Samarinda, Kalimantan Timur itu menceritakan, Sabtu (2/12) diselenggarakan pembukaan Sail Sabang 2017 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. “Selain Pak JK, Bu Susi Menteri Kelautan dan Perikanan juga hadir,” tambah Febri.

Diungkapkan Febri, KRI Dewa Ruci dengan Kapten Kapal Letkol Laut (P) Rahadian itu membuang jangkar di Pelabuhan Sabang sejak tanggal 28 November Selasa sore. “Penduduk Sabang menyambut kami dengan hangat,” ujarnya.

Selain Kapten Kapal, Letkol Rahadian, juga Pak Suhendar, perwakilan pelajar dari Aceh Fawwaz Akil, dan perwakilan dari Papua Daniel Yolmen, mendapat kalungan bunga dari warga Sabang.

Selama di kota ujung barat laut Indonesia itu berbagai kegiatan unik naupun keseharian dilakukan para pelajar dan instrukurnya. “Seru deh,” ungkap Febri.

Ungkapan senada dikatakan Vito Nur, perwakikan pelajar dari DKI Jakarta. “Kami diundang untuk menari kolosal dalam Kirab Sabang. Alhamdulillah kami sehat semua,” tutur Vito siswa SMA Negeri 55 Jakarta Selatan itu.

Dalam kirab tersebut masing masing pelajar berbusana daerah asalnya. Febri dari Kaltim berkostum gadis Dayak dengan aksesoris bulu burung, sedang Vito sendiri berbusana Betawi.

Ketika dalam pelayaran dari Jakarta waktu itu tak kalah serunya kegiatan yang dilakukan di dalam maupun di atas dek kapal.

Ketua organisasi penyelenggara ENJ 2017 di Jakarta, Endang Triwahyuni, Sabtu (2/12) menjelaskan pihaknya akan melakukan penyambutan ekspedisi pelajar dan TNI AL itu di pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 15 Desember mendatang.

“Mereka memang berada di Sabang selama 5 hari sambil menunggu acara puncak Sail Sabang,” kata Endang. Dari Sabang, ENJ berlayar ke Belawan dulu sebelum menuju Tanjung Priok, Jakarta.

Ekspedisi Nusantara Jaya ini diharapkan dapat memberikan wawasan kelautan bagi para pesertanya, terutama para pelajar dari Sabang sampai Merauke. Setidaknya dapat memberikan inspirasi peluang kemaritiman bagi mereka yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa mendatang.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Dok. Febri (SMAN 10 Samarinda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *