Dorong Ekonomi dan Industri Tenun Bali Bisa Bangkit di Masa Pandemi Covid-19, Kapolda Bali Dukung Kebijakan Gubernur

Denpasar |
Keberadaan kain tenun Endek Bali yang sudah terdaftar sebagai kekayaan intelektual komunal ekspresi budaya tradisional di Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia agar benar-benar dilestarikan.

Apalagi pemilik rumah mode kelas dunia asal Perancis, Christian Dior sudah memanfaatkan kain tenun Endek Bali sebagai koleksi busana musim semi dan musim panas Tahun 2021.

Gubernur Bali I Wayan Koster saat melakukan kunjungan ke pertenunan Endek di Pasar Seni Semarapura pernah mengemukakan, bahwa cara melestarikan kain tenun Endek di masa pandemi Covid-19 sekarang ini diantaranya dengan gerakan gotong royong yang dilakukan oleh Instansi pemerintah pusat hingga daerah, pegawai pemerintahan, hingga perbankan yang mendapatkan gaji dan tunjangan bulanan.

“Agar membeli kain tenun Endek Bali buatan orang lokal Bali sebagai pakaian atau busana berbahan kain tenun Endek Bali, dan digunakan pada setiap hari Selasa,” ujar Koster, saat berada di Banjar Kanginan, Desa Sulang, Klungkung, Bali, Minggu (21/2).

Menurutnya dampak tersebut akan dirasakan oleh para Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang industri Tenun Bali. “Agar ekonominya bisa bangkit di masa pandemi Covid-19,” pungkas mantan Anggota DPR-RI tiga periode ini sambil membeli kain tenun Endek Bali produksi tenun ikat Astika Desa Sulang.

Sementara itu, kebijakan Gubernur Bali I Wayan Koster terkait penggunaan kain tenun tradisional Bali atau tenun endek Bali mendapat dukungan penuh dari Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Dukungan Putu Jayan Danu Putra terhadap karya seni rupa terapan asli dari Bali yang telah mendunia dibuktikan dengan akan mewajibkan jajarannya di Polda Bali untuk menggunakan Endek.

Dirangkum dari berbagai sumber, pemberitahuan rencana penggunaan busana adat Bali dan busana kain tenun Endek Bali tersebut bahkan telah disampaikan Kapolda Bali kepada anggotanya melalui Surat Telegram (ST) dengan nomor ST/152/KEP./2021 tertanggal 19 Februari 2021.

Penggunaan kain busana adat Bali dan busana kain tenun Endek Bali sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali dan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali atau Kain Tenun Tradisional Bali.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: