Direktur Intelijen Nasional AS Mengundurkan Diri

Jakarta |
Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS) James Clapper pada Kamis (17/11) lalu menyatakan bahwa dia sudah menyerahkan surat perihal pengunduran diri dari jabatannya.

Clapper bertugas mengkoordinasi pekerjaan 17 lembaga berbeda seperti Central Intelligence Agency (CIA) dan National Security Agency (NSA), mengatakan mengundurkan diri setelah enam tahunberkarir dalam pekerjaannya.

Pensiunan perwira angkatan udara berusia 75 tahun itu menegaskan bahwa dia tidak bisa bertahan dalam pekerjaan tersebut setelah Trump memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat.

Sebelumnya telah terjadi kebocoran dokumen dari NSA yang menunjukkan bahwa lembaga itu mengumpulkan data komunikasi warga Amerika Serikat dalam jumlah besar.

Kejadian ini dianggap menodai jabatan Clapper sebagai kepala badan intelijen AS ternoda .

Beberapa bulan kemudian Edward Snowden membocorkan dokumen yang menunjukkan bahwa NSA memang mengumpulkan data semacam itu, menimbulkan tuduhan bahwa Clapper berbohong kepada Kongres mengenai masalah itu dan menyerukan pengunduran dirinya.

Data itu juga menunjukkan bagaimana Amerika Serikat memata-matai sekutunya, memicu ketegangan dengan mitra utama seperti Prancis dan Jerman.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: