Menteri PANRB: Humas Pemerintah Harus Sampaikan Capaian

Jakarta |
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengingatkan, humas pemerintah tidak hanya berperan untuk membranding citra positif pemerintah semata.

Lebih dari itu, menurut Menteri PANRB Syafruddin, humas pemerintah juga harus mampu menyampaikan apa saja capaian pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Humas pemerintah adalah jantung organisasi/institusi. Tanpa peran humas di masing-masing kementerian/lembaga (K/L) apapun capaian kinerja pemerintah tidak akan sampai ke masyarakat,” kata Syafruddin.

Dalam Seminar Bakohumas yang mengambil tema Capaian 4 Tahun Reformasi Birokrasi, di Hotel Ambhara, Jakarta, Selasa (27/11), Syafruddin mengingatkan, bahwa pekerjaan humas pemerintah tidaklah semudah membalikan telapak tangan, terlebih mengingat tantangan dan dinamika kebangsaan yang kian kompleks di masa depan.

Sementara di sisi lain, sambungnya, dalam menghadapi tantangan revolusi digital dan memasuki era demokratisasi seperti saat ini, pemerintah harus tetap bertahan dan konsisten dipercaya publik.

Ditegaskan oleh Syafruddin, bahwa segala capaian kinerja pemerintah harus mendapat legitimasi publik berupa kepercayaan dari masyarakat.

“Dengan demikian rakyat semakin yakin bahwa negara hadir untuk mereka, atau bahkan ikut berpartisipasi penuh dalam pemerintahan,” tukasnya.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rosarita Niken Widiastuti juga menyampaikan, bahwa capaian 4 tahun reformasi birokrasi perlu disampaikan kepada masyarakat luas, mengingat adanya perubahan komunikasi memasuki era industri 4.0.

Oleh sebab itu, diingatkan oleh Niken, humas pemerintah perlu meningkatkan kinerja agar lebih kretif, serta inovatif dalam mengemas konten. “Khususnya tentang pencapaian 4 tahun reformasi birokrasi,” tegasnya.

Forum Tematik Bakohumas Kementerian PANRB ini dihadiri oleh, Dirjen IKP Kominfo Rosarita Niken Widiastuti, Sekretaris Menteri PANRB Dwi Wahyu Admaji, Kepala Biro Hukum PANRB Muzakir, Deputi RB Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Muhammad Yusuf Ateh, Deputi SDM Aparatir Setiawan Wangsaatmaja, dan Deputi Layanan Publik Diah Natalisa.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: