Dilantik Menteri Syahrul Yasin Limpo, Nasrullah Resmi Jabat Dirjen PKH Kementan

Jakarta |
Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar acara pelantikan sejumlah pejabat pimpinan tinggi madya yang digelar di Kantor Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (6/8).

Acara dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, melantik sebanyak 9 pejabat pimpinan tinggi yang terdiri dari 1 orang Eselon I, 7 orang Eselon IIa, dan Eselon IIb.

Pelantikan para pejabat tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Republik Indonesia Nomor 132/TPA Tahun 2020 Tanggal 30 Juli 2020 tentang Pemberhentian dan Pengankatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementan.

Dalam kesempatan itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo berharap para pegawainya untuk bekerja lebih ekstra dan mampu mencapai hasil maksimal dengan jabatan yang baru dipercayakan.

“Saya berpesan agar kalian mampu mengembangkan sumber daya yang kita miliki dan menjalankan organisasi ini secara maksimal. Semoga pengabdian saudara menjadi ladang amal, dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Mentan Yasin Limpo juga menyampaikan, bahwa setiap jabatan tidak akan berarti apa-apa jika dalam kenyataannya abdi negara tidak mampu memberikan kontribusi maksimalnya terhadap kemajuan bangsa.

“Ini amanah dari Allah, dari Tuhan. Karena itu, jabatan adalah daki daki yang melekat, bukan sesuatu yang luar biasa. Besok pasti habis. Justru yang jadi soal adalah kita semua akan mengakhiri jabatan ini dengan kondisi apa? Saya minta pertanian kita jauh lebih hebat lagi,” ucapnya.

Oleh karena itu, Mentan Yasin Limpo meminta jajarannya untuk kerja dengan fokus dan disiplin serta mengetahui langkah-langkah kerja serta kongkrit.

“Saya minta kalian kerja dengan fokus dan disiplin. Kalian harus tau langkah langkah kerja kongkritnya. Hebat itu kalau kalian fokus. Fokus itu artinya kalian tidak main main. Tidak boleh korupsi dan harus melayani,” imbuhnya.

Dari sekian nama penjabat yang dilantik adalah Nasrullah, yang mengemban jabatan baru sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) di Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementan. Nasrullah menggantikan pejabat sebelumnya I Ketut Diarmita.

Sosok Nasrullah bukan orang baru di kalangan pegawai lingkungan Kementan. Mantan Sekretaris Ditjen (Sesditjen) PKH sejak 2017 itu sebelumnya pernah menjabat Direktur Peternakan dan Kesehatan Hewan (Pakan) Kementan dari tahun 2015.

Pria dengan nama dan gelar lengkap Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc itu mengawali karirnya di Kementan dengan menjadi ajun peneliti muda di Balai Penelitian Ternak (Balitnak), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) di tahun 1996.

Pada November 2008, doctor lulusan United Graduate School of Agricultural Sciences, Kagoshima University Jepang itu pernah dipercayakan sebagai Pejabat (Pj) Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), dan Kepala Balai Penelitian Ternak, Puslitbang hingga Desember 2011.

Nasrullah aktif mempublikasikan karya ilmiah dalam bahasa Indonesia dan Inggris baik sebagai penulis tunggal atau co-author. Jumlah yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah di dalam negeri dan luar negeri hingga saat ini ada sebanyak sekitar 40 makalah.

Disamping fokus menjalankan karirnya, Nasrullah tercatat juga aktif sebagai anggota organisasi ilmiah pada Indonesia Agricultural Sciences Association (IASA) dan Japanese Grassland Sciences Association (JGSA).

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.