Didominasi untuk Guru dan Dosen, Kemenag Siapkan 17 Ribu Formasi CPNS

Jakarta |
Kementerian Agama (Kemenag) membuka lowongan untuk sebanyak 17.175 orang formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018.

Angka tersebut merupakan jumlah formasi terbesar di antara 76 kementerian/lembaga (K/L) dalam penerimaan CPNS tahun ini.

“Jumlah ini sesuai dengan Keputusan Menteri PANRB Nomor 49 tahun 2018 perihal formasi pegawai kementerian agama tahun anggaran 2018,” kata Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Nurkholis Setiawan, di Jakarta, Rabu (12/9).

Menurut Nurkholis, alokasi terbesar dari formasi 17.175 CPNS tersebut diperuntukkan bagi guru dan dosen. Sebanyak 10.520 formasi bagi guru pelamar umum, 1.480 formasi bagi guru honorer eks Kategori II (K2), dan 4.485 formasi dosen.

“Selebihnya, terdapat lowongan untuk Penghulu, Penyuluh, Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), dan Jabatan Fungsional Umum (JFU),” sebut Irjen Nukholis.

Mengenai pelaksanaannya, dijelaskan oleh Nukholis, sebagaimana dengan instansi lainnya proses penerimaan CPNS di Kemenag akan dilaksanakan mulai 19 September 2019 mendatang, yang dimulai dengan proses pendaftaran.

“Setelah itu akan dilaksanakan Seleksi Administratif, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan lain-lain,” tutupnya.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.