Budi Gunawan Hadiri Deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19

Jakarta |
Relawan Indonesia Bersatu dipimpin langsung Sandiaga Uno selaku Ketua Koordinator bersama 300 relawan menggelar deklarasi melawan virus Covid-19, di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/4).

Kegiatan deklarasi yang juga diikuti ribuan relawan melalui live steaming di masing-masing tempat dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari penularan virus Corona, dengan mewajibkan cuci tangan bagi semua orang.

Disamping itu juga diberikan masker, dan disemprot cairan disinfektan, dan dilakukan rapid test bagi petugas medis yang semuanya dibekali Alat Pelindung Diri (APD) yang steril.

Pada kesempatan  tersebut, tampak hadir Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Wakil Kepala BIN Teddy Lhaksmana Widya Kusuma, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan, dan perwakilan instansi lainnya.

Selaku Ketua Koordinator Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala BIN dan jajarannya karena telah membantu penanganan Covid-19.

“Hari ini kita berkumpul secara virtual siap membantu Pemerintah memerangi wabah ini baik dengan tindakan aktif maupun preventif. Ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Terima kasih kepada semua pihak terutama BIN yang telah mengusahakan pertemuan ini,” ucapnya.

Sandiaga Uno yang juga membuka kegiatan rapid test untuk masyarakat luas, mengajak masyarakat untuk datang dan mendaftar. “Langsung datang ke sini dan mendaftar. Kedepan akan kami buka pendaftaran online,” ujarnya.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa sejauh ini sudah ada 350 orang yang mendaftar dan menjalani rapid test. Menurutnya jumlah itu akan bertambah dan kegiatan ini dilakukan secara gratis. “Kami sediakan 5.000 alat rapid test dan akan ditambah lagi,” sebutnya.

Jika ada warga yang positif, sambungnya, langsung dievakuasi pakai ambulans dikarantina. “Kalau negatif, nanti akan diberikan bantuan sembako,” ungkap Sandi, yang menjelaskan sengaja menggelar kegiatan di Wisma Atlet Kemayoran untuk mempercepat penanganan.

Sebanyak 10 ribu paket sembako sudah disediakan untuk dibagikan kepada masyarakat. “Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak ekonomi akibat corona,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BIN Budi Gunawan di kesempatan yang sama menyampaikan apresiasinya dan mengucapkan selamat kepada Sandiaga Uno yang telah bersedia bergabung bersama pemerintah memerangi Covid-19.

“Terima kasih sudah bergabung dengan pemerintah. Kalau penanganan ini dilakukan bersama dan situasi landai. Insya Allah, Juli sudah masuk masa normalisasi,” ujarnya.

Budi Gunawan juga mengingatkan, bahwa kunci keberhasilan penanganan Covid-19 ini adalah kedisiplinan masyarakat, gotong-royong, dan ketenangan.

Menurutnya virus Corona yang menjadi musuh bersama ini bisa cepat ditangani dan keadaan kembali normal seperti biasa. “Kerja sama dari rekan-rekan wartawan juga sangat diperlukan agar masyarakat bisa semakin disiplin dan tenang,” ujarnya kepada awak media.

“Berbagai wujud konkret telah dijalankan seperti tes massal hingga 5 ribu alat tes, jaring pengaman sosial, masker, dan penyemprotan disinfektan. Pada akhir bulan April akan ada laboratorium mobil yang merupakan kekuatan dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19,” terangnya. 

Sementara itu, Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan mengucapkan terima kasih atas dukungan para relawan dalam menangani Covid-19.

Ditegaskannya, bahwa semua pihak yang melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19 merupakan contoh nyata implementasi Bela Negara secara nyata.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua relawan yang telah melakukan  deklarasi mendukung percepatan penanganan Covid-19. Ini adalah bentuk dari bela negara yang sejati,” pungkasnya.

Saat deklarasi juga tampak dihadiri Ketua Satgas PBNU Abdul Wahid dan Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam, serta beberapa tim relawan, diantaranya Rumah Sandiuno, Sandimania, Forum Tahlil Indonesia, BEM Nusantara, BEM Jakarta, Yayasan emak-emak Pulo Kambing, dan relawan lainnya.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: