Brigjen TNI Suharyanto Jabat Sesmilpres Gantikan Marsdya TNI Trisno Hendradi

Jakarta |
Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menggelar acara pelantikan dan pengambilan sumpah Brigjen TNI Suharyanto sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres), di lobi gedung Utama, Kemensetneg, Jakarta, Senin (9/9).

Brigjen TNI Suharyanto dilantik sebagai Sesmilpres oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, menggantikan Marsekal Madya TNI Trisno Hendradi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Sesko TNI.

Sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 103/TPA Tahun 2019 yang ditetapkan 28 Agustus 2019, Brigjen TNI Suharyanto mengucapkan sumpah jabatan untuk menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab.

Selain mengucapkan sumpah jabatan, ia juga menandatangani Pakta Integritas dan Berita Acara Pelantikan yang disaksikan Sekretaris Kemensetneg serta Kepala Sekretariat Presiden.

Atas nama Kemensetneg, Pratikno menyampaikan terima kasih kepada Marsekal Madya TNI Trisno Hendradi yang telah bekerja dengan sebaik-baiknya dalam memberikan dukungan pelayanan terhadap Presiden RI.

Dalam melayani orang nomor satu di Indonesia, Mensesneg tidak bosan mengingatkan agar semaksimal mungkin untuk menjadi tauladan bagi kementerian lain dan tidak melakukan kesalahan (zero mistake).

“Tugas Sesmilpres itu seperti multitasking, saya menyebutnya hybrid job. Ada tugas administrasi tetapi juga tugas yang lain. Terutama sekali tugas mendukung ekosistem keamanan bagi Bapak Presiden,” kata Pratikno, dikutip laman setneg.go.id, Senin (9/9).

Siap bekerja sama dan berusaha selalu meminimalisasi kesalahan dengan semaksimal mungkin, Pratikno meminta Sesmilpres yang baru untuk berinovasi dan juga berkolaborasi dalam melakukan tugasnya.

Pratikno mengungkapkan, bahwa beberapa hari yang lalu dirinya sudah banyak bicara dengan Suharyanto. Jadi, tinggal kemudian bagaimana itu dijabarkan dan disinergikan dengan unit-unit yang lain.

“Selamat mejalankan tugas yang berat tetapi akan menjadi mudah ketika Saudara selalu kreatif berinovasi dan berkolaborasi,” ucap Mensesneg Pratikno.

Sementara itu, di kesempatan yang sama TNI Suharyanto menyampaikan, bahwa ada 2 hal yang ia garisbawahi terkait pesan dari Mensesneg Pratikno.

“Kita di lingkungan Kemensetneg khususnya Setmilpres itu sangat melekat dengan Presiden. Dalam pemberian dukungan teknis, administasi, dan pengamanan jangan sampai melakukan kesalahan,” ujarnya.

Kedua, sambung Suharyanto, terkait pengamanan terhadap Presiden yang merupakan hal paling utama. “Pengamanan juga harus bersifat adaptif dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi,” pungkasnya.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.