Biro SDM Polda Bali Turunkan Tim Trauma Healing Mobile

Denpasar |
Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Bali Drs Jawari SH MH menurunkan Tim Trauma Healing Mobile untuk meminimalisir dampak psikologis para pengungsi bencana Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kabagpsikologi Biro SDM Polda Bali AKBP Dra Eka Sariana Himawati SPsikolog ini, merupakan bentuk kepedulian, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat serta menjalankan program Kapolri Promoter (Profesional Modern dan Terpercaya).

Dikutip tribratanews.polri.go.id, aktivitas sosial ini juga melibatkan segenap komponen masyarakat, diantaranya Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Bali, Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Udayana, dan Universitas Dyana Pura Denpasar.

AKBP Dra Eka Sariana Himawati SPsikolog mengatakan, kegiatan ini sudah berlangsung sejak hari Selasa (26/9) lalu, dengan mendatangi tempat pengungsian dan terus berpindah-pindah sesuai dengan namanya “mobile”.

“Kita bergerak mulai dari Gor Suwecapura Klungkung, Tanah Ampo, Manggis, Selat , Rendang serta tempat lainnya yang menjadi tempat pengungsian warga,” ujar Eka di Denpasar, Rabu (4/10).

Menurut Perwira melati dua ini, metode kegiatan yang dilakukan dengan mengunjungi warga di tenda-tenda pengusian untuk memotivasi serta memberikan efek positif bagi psikologis warga.

Khusus untuk anak-anak, sebut Eka, diajak untuk bergembira dengan cara bermain, bercerita, mendongeng dan kegiatan lainnya. “Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengurangi trauma dan menambah energi positif bagi psikologi mereka,” imbuhnya.

Sementara itu Karo SDM Kombes Pol Drs Jawari SH MH menyampaikan, Tim Trauma Healing Mobile ini akan sangat berguna bagi para warga di tempat-tempat pengungsian.

Mantan Kabagdiapers Rodalpers SSDM Polri ini memaparkan, selain kebutuhan logistik (makanan, minuman, alat MCK, pakaian), salah satu kebutuhan yang paling penting adalah penanganan psikologis warga.

“Kegiatan Trauma Healing Mobile bagi warga terdampak bencana Gunung Agung ini akan terus dilakukan sampai waktu yang tidak ditentukan,” ungkap Kombes Pol Jawari.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Tribratanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.