BIN Bali Terima Kunjungan Tim Watimpres

Denpasar |
Tim dari Dewan Pertimbangan Presiden (Wantipres) yang dipimpin oleh Letjen TNI (Purn) M Yusuf Kartanegara  mengunjungi kantor Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Bali, di Jalan Tjok Agung Tresna 61, Renon Denpasar, Bali, Senin (28/8).

Rombongan yang tiba pukul 13.30 waktu setempat, diterima oleh Kepala BIN Daerah (Kabinda) Bali Brigjen Pol I Wayan Sunarta yang didampingi oleh Staf Ahli Bidang Politik Hukum Dr Sukawati Lanang P Perbawa SH MH, Staf Ahli  Bidang Ekonomi Ida bagus Wibawa SE, dan beberapa anggota BIN Bali.

Saat pertemuan M Yusuf Kartanegara mengatakan, kunjungan Tim Watimpres ke Bali dalam rangka membentuk Tim Kajian untuk mengetahui Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Binda Bali, kendala-kendala yang dihadapi, juga bagaimana tingkat kordinasi dan komunikasi Binda Bali kepada instansi terkait terhadap masalah yang dihadapi.

“Tim kajian itu dibentuk karena mengingat Bali merupakan daerah yang  sangat strategis untuk kepentingan nasional dan internasional,” ujar Yusuf Kartanegara.

Selaku koordinator tim, M Yusuf juga memaparkan ada 4 bagian dalam Watimpres, yaitu ekonomi atau monter, politik hukum kesejahteraan rakyat, dan pertahanan keamanan. “Tugasnya memberikan masukan kepada Bapak Presiden dalam mengambil keputusan untuk bangsa dan negara,” terangnya.

Sementara itu, Kabinda Bali I Wayan Sunarta mengatakan, pihaknya sudah berusaha menjalankan tugas dan fungsi Binda Bali untuk mengawal Agenda Nasional Nawa Cita dan agenda-agenda daerah. “Yaitu dengan tetap berkoordinasi dan komunikasi dengan Instansi terkait, juga semua eksponen masyarakat Bali,” jelas Kabinda.

Pada diskusi siang itu, Kabinda Bali memaparkan bahwa sudah dilakukan investarisasi masalah-masalah yang menonjol di Bali. Diantaranya masalah narkotika, radikalisme, terorisme, keamanan, pilkada, ekonomi, IT, budaya dan hukum. “Juga bagaimana cara mengantisipasi kedepan terhadap persoalan yang dihadapi di Bali,” pungkas I Wayan Sunarta.

Saat melakukan kunjungan ke Binda Bali, Letjen TNI (Purn) M Yusuf Kartanegara juga didampingi oleh Mayjen TNI (Purn) Mashudi Darto SH SE, Mayjen TNI (Purn) Dr I Gusti Putu BuanaSAP MSc (Ketua Tim Kajian), Brigjen TNI (Purn) Dr Moch Afifudin, Abdul Rachman SH, Dian Kartika SKom MTI, beserta rombongan.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Sigit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *