Bantu Tugas Polri, 7 Orang Ini Terima Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama

Jakarta |
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan penghargaan medali Bintang Bhayangkara Utama kepada 7 orang yang telah membantu tugas Polri.

Tujuh orang yang mendapat penghargaan itu adalah Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Keuangan (menkeu) Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, Kepala Staf TNI AL (KSAL) Siwi Sukma Adji, dan Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai acara pemberian penghargaan mengatakan, Bintang Bhayangkara adalah bintang yang tertinggi, medali tertinggi di lingkungan Polri.

“Ini adalah dari Presiden atau usulan dari kepala kepolisian,” ujar Jenderal Tito Karnavian, di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/8).

Dijelaskan oleh Kapolri, mengapa Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menerima penghargaan medali Bintang Bhayangkara. Menurut Tito dikarenakan banyak kerja sama yang kita lakukan dengan Kementerian PMK dalam rangka menghadapi kelompok-kelompok ideologi terorisme.

“Kemudian revolusi mental juga kerja sama yang berkaitan dengan instansi atau kementerian di bawah koordinasi beliau,” terang Kapolri.

Sedangkan kepada Menkeu Sri Mulyani diberikan karena dinilai sudah memberikan kontribusi yang besar ke Polri. Ketiga, lanjut Tito Karnavian, penghargaan diberikan kepada Pratikno karena sebagai jembatan penghubung Polri dengan Presiden Republik Indonesia.

“Keempat, Menteri Basuki ya PUPR karena pembangunan infrastruktur yang dibuat beliau. Baik tol, bandara, pelabuhan, ini bentuk-bentuk mempermudah kerjaan polisi untuk melakukan pengamanan,” sebut Tito.

Kapolri juga mengungkapkan, beberapa waktu lalu Kementerian PUPR membangun jalan tol termasuk Jakarta-Surabaya yang memudahkan operasi bagi Polri untuk mengamankan arus mudik arus balik.

Sementara itu Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan juga menerima penghargaan karena berkontribusi dalam barter informasi dengan Polri. Disamping itu, KSAL dan KSAU juga mendapatkan penghargaan serupa.

Disebutkan oleh Kapolri, kerja sama juga dengan dua kepala staf ini luar biasa, seperti penanganan narkoba, penanganan kejahatan di laut, dan kerja sama pengangkutan di udara.

“Termasuk kemarin kami dibantu TNI AU dan Bapak Panglima TNI dalam rangka pengangkutan logistik yang akan kita bawa untuk membantu masyarakat yang tertimpa gempa di Lombok,” imbuhnya.

Acara pemberian penghargaan yang dimulai pukul 08.00 WIB juga dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, serta tamu undangan.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: