ANCM ke 13, Kasal Gelar Pertemuan dengan Segenap Pemimpin AL

Jakarta |
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji meghadiri ASEAN Navy Chief Meeting (ANCM) ke 13 di Siem Reap, Kamboja.

Mengawali rangkaian kegiatan, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melaksanakan Courtesy Call kepada Commander Royal Cambodian Navy yang juga Deputy Commander-in-Chief, Royal Cambodian Armed Forces, Admiral Tea Vinh, Senin (25/11) di Kamboja.

Pada pertemuan itu, Admiral Tea Vinh secara resmi mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Kasal beserta rombongan TNI AL yang telah memenuhi undangannya.

Dalam siaran pers Dinas Penerangan Angkatan Laut, Selasa (26/11), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyampaikan pandangannya untuk memperkuat hubungan antara TNI AL dan Royal Cambodian Navy melalui berbagai kerja sama seperti pendidikan, kunjungan kapal perang, hingga pelaksanaan forum dialog Navy to Navy Talks.

Menanggapi hal tersebut pimpinan AL Kamboja Admiral Tea Vinh mengak umenyambut baik, dan berharap kerja sama tersebut dapat segera diwujudkan.

Usai pertemuan dengan Admiral Tea Vinh, Kasal juga melaksanakan pertemuan bilateral dengan Panglima Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) Laksamana Tan Sri Mohd Reza bin Mohd Sany.

Pada  pertemuan ini, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyatakan kembali pentingnya hubungan antara kedua Angkatan Laut yang saling bertetangga guna menghadapi tantangan keamanan maritim global yang semakin dinamis dan tidak menentu.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama antara TNI AL dan TLDM untuk mewujudkan stabilitas di Kawasan,” ungkap Panglima TLDM, dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban.

Kasal dalam kunjungan ke Kamboja kali ini, disampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny Manik Siwi Sukma Adji, beserta Aspam Kasal Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, dan Ny Yunita Angkasa Dipua, berkesempatan untuk mengunjungi situs peninggalan sejarah yaitu Candi Angkor Wat.

Komplek Percandian Angkor yang tercatat sebagai situs religi terbesar di dunia dengan luas mencapai 160 hektar ini dibangun oleh Raja Suryawarman II dari Dinasti Khmer pada abad ke-12 dan membutuhkan waktu hingga tiga abad lamanya.

Pada tahun 1992, Kompleks percandian Angkor  termasuk di dalamnya Angkor Wot diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Malam harinya, Kasal serta seluruh delegasi TNI AL memenuhi undangan Admiral Tea Vinh dalam acara Welcome Reception di Lotus Restaurant, Sokha Angkor Resort. Dalam acara itu, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji diterima di meja utama bersama dengan para pemimpin AL negara lainnya.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: